Wakili Wali Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat, Sekda Kotamobagu Bacakan Amanat Kapolri

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Mewakili Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara, Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Sande Dodo, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat tahun 2021, bertempat di halaman Mapolres Kotamobagu, Rabu (5/5/2021).

Untuk diketahui, Apel gelar pasukan tersebut dilakukan guna pengecekan akhir kesiapan pasukan dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Kotamobagu membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Samrat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas,” tutur Sande .

Lanjutnya, saat ini pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. Dimana, larangan ini merupakan tahun ke dua pemerintah mengambil kebijakan tersebut lantaran situasi pandemi Covid-19.

“Kita mesti waspadai gelombang kedua Covid-19 ini. Berkaca pada kejadian di luar negeri sebagai contoh di India terjadi penambahan kasus baru hingga mencapai 400.000 ribu kasus Covid-19, dan yang meninggal mencapai 3000 kasus,” sebutnya.

Dalam operasi ketupat ini kata Sande, yang terlibat didalamnya sejumlah instansi terkait seperti TNI-POLRI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Jasa Raharja dan lainnya, akan menyelenggarakan operasi ketupat 2021 yang akan digelar selama 12 hari, mulai dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

“Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk bekerjasama dengan terus menerapkan protokol kesehatan dimana pun,” harapnya.

Menurutnya, Kota Kotamobagu sebagai tujuan masyarakat diwilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR). Apalagi menjelang lebaran banyak warga dari luar untuk datang berbelanja.

“Ini perlu diantisipasi bagaimana tidak terjadi kerumunan, kemudian warga tetap menerapkan protokol kesehatan. Perlu juga disampaikan khusus pemilik tempat belanja agar terapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat,” pintanya.

Adapun lewat penyampaian itu, Kapolri menekankan beberapa hal untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat-2021 antara lain, pertama, menyiapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niat kan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah.

Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomenal yang berkembang.

Dan ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Apel gelar pasukan operasi ketupat yang tetap menerapkan standar protokol kesehatan ini, dihadiri sejumlah pasukan dari berbagai instansi yakni Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, serta sejumlah tenaga medis dan unsur terkait lainnya. (Mira)

Komentar