oleh

Ramadhan Tahun Ini PCNU Kotamobagu Tarling di 27 Masjid

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Kotamobagu masa khidmat 2020 – 2025, pada momentum bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah menggelar Tarawih Keliling (Tarling) atau Safari Ramadhan di 27 masjid di wilayah Kota Kotamobagu.

Tarling ini dilaksanakan untuk mempererat silaturahmi bersama BTM, Imam Masjid, Jamaah dan warga Nahdiyin. Juga sebagai syi’ar agama dalam menegakkan Islam Ahlussunah wal Jama’ah, sekaligus memperkenalkan NU sebagai organisasi Islam terbesar dan peran NU yang sebenarnya dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

PCNU Kotamobagu melaksanakan Tarling di Masjid Agung Baitul Makmur (MABM) Kotamobagu.

“Alhamdulillah kami mendapat sambutan sangat baik dan responsif dari jamaah dan pengurus masjid, serta pemerintah setempat. Permintaan mereka setiap tahun harus diadakan program Safari Ramadhan seperti ini,” kata Ketua PCNU Kota Kotamobagu, Nasrun Koto, Senin (10/5/2021).

Bahkan kata Nasrun, beberapa masjid melakukan MoU dengan PCNU untuk bisa mengisi Khutbah Jumat, ceramah dan kajian-kajian Aswaja muballigh-muballigh. “Karena di NU banyak muballiqh-muballiqh dan Da’i berkualitas,” aku Nasrun.

Baca Juga:  LSM PENJARA Pertanyakan Hasil Penyidikan Kejaksaan Terkait Bimtek Aparat Desa
Ketua PCNU Kota Kotamobagu, Nasrun Koto

Untuk itu, Nasrun juga mengajak untuk bersama membangun umat, membina ukhuwwah islamiyyah, menjaga hablum minannas agar mencapai ridho Allah surga yang jannah. “Dalam safari Ramadhan itu kita pastikan PCNU tetap mengikuti protap Covid-19 juga mengikuti surat edaran Menteri Agama dalam menjalankan ibadah Ramadhan 1442 Hijriyah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua LDNU Kota Kotamobagu Asep Ageung Maulana menambahkan, kegiatan ini juga menjadi program wajib LDNU membangun silaturahmi dan bekerjasama tidak hanya dengan imam dan pengurus masjid saja, akan tetapi dengan jamaah termasuk remaja masjid agar jangan sampai keliru atau salah melaksanakan syariat-syariat islam. “Kegiatan-kegiatan keumatan Islam ini wajib mendapat dukungan kita semua termasuk pemerintah,” harapnya.

Ketua LDNU Kota Kotamobagu, Asep Ageung Maulana

Menurutnya, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan NU sangat positif dan membantu untuk syi’ar Islam dan program dakwah masjid-masjid. “Apalagi Ramadhan kali ini bisa dikatakan hanya NU yang melaksanakan safari Ramadhan dan disarankan jangan hanya tahun ini,” akunya.

Baca Juga:  Sekda Boltim Pimpin Tim Tiga Safari Ramadhan

Tak hanya itu, BTM dan imam masjid akan menjadwalkan dakwah, muballigh, khutbah dari PCNU untuk mengisi khutbah Jumat, ceramah atau tausyiah dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang akan dilaksanakan “Serta menjadwalkan untuk membuat kajian Islam Ahlussunah wal Jama’ah,” katanya.

Sekadar informasi, dalam kegiatan Tarling keliling Ramadhan tahun ini, PCNU juga belum lama ini melaksanakan Nuzulul Qur’an yang dipusatkan di Masjid Ar- Arayan Kelurahan Mongkonai Barat. Kegiatan ini sukses dilaksanakan berkat kerjasama PCNU Kotamobagu bersama GP Ansor, BTM, imam dan Jamaah Masjid Ar-Rayan. (ino)

Komentar

BERITA LAINNYA