Hentikan Agresi, Hamas Minta Dukungan Indonesia

BOGANINEWS, – Guna menekan Israel, untuk menghentikan agresi dan terornya di Jalur Gaza, Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, meminta Jokowi untuk memobilisasi dukungan Arab, Islam dan, internasional.

Hal itu terungkap, dalam surat Haniyeh yang dikirim kepada Jokowi pada Rabu (19/5/2021), sebagaimana dikutip oleh Anadolu Agency.

Anadolu Agency mewartakan, dalam surat tersebut, Haniyeh meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memobilisasi dukungan terhadap Palestina.

Haniyeh juga mendorong Jokowi untuk menekan Israel supaya berhenti melakukan pelanggaran di Yerusalem yang diduduki. Pelanggaran tersebut seperti mendirikan permukiman ilegal, penggusuran paksa di lingkungan Sheikh Jarrah, dan diskriminasi rasial.

Pemimpin Hamas Ismail Haniya memberikan pidato di Gaza City, Selasa (21/8/2018).(AFP/ANAS BABA)

Haniyeh Mendoakan Jokowi

Sebagai penutup suratnya, Haniyeh mendoakan Jokowi serta mengharapkan perkembangan lebih lanjut dari Indonesia.

Sementara itu, Israel masih terus melancarkan serangan udara di Jalur Gaza sejak kekerasan terbaru meletus sekitar 10 hari lalu. Setidaknya 227 warga Palestina telah tewas, termasuk 64 anak-anak dan 38 wanita, akibat rentetan serangan dari Israel. Selain itu, 1.620 orang dilaporkan mengalami luka-luka karena serangan dari Israel, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Sementara itu, 28 warga Palestina, termasuk 4 anak-anak, tewas di Tepi Barat yang diduduki akibat bentrokan dengan pasukan keamanan Israel.

Di sisi lain, 12 orang Israel tewas akibat tembakan roket dari Jalur Gaza. Kekerasan bermula ketika Israel berupaya menggusur warga Palestina di wilayah Yerusalem Timur. Ketegangan semakin memuncak ketika polisi Israel menyerbu jemaah di kompleks Masjid Al-Aqsa saat bulan suci Ramadhan sehingga bentrokan pecah.

Setelah itu, Hamas yang mengontrol Gaza menembakkan roketnya ke Israel sebagai tanggapan atas aksi Israel terhadap warga Palestina. Israel membalas serangan roket tersebut dengan rentetan serangan udara yang terus berlangsung selama lebih dari 10 hari terakhir. (**/BN)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hamas Minta Dukungan Jokowi dan Indonesia Soal Palestina”,

 

Komentar