Gedung KPK Dijaga TNI-Polri, Ali : Itu Bukan Permintaan Kami

BOGANINEWS – Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, mengatakan, terkait TNI-Polri yang melakukan penjagaan di sekitaran Gedung KPK, bukan atas permintaan pihak KPK.

“Namun berdasarkan analisa pengamanan dari pihak Kepolisian dalam penjagaan objek vital di antaranya gedung KPK,” terangnya, dilansir liputan6.com Jumat (28/5/2021).

Informasi diperoleh, ratusan aparat gabungan TNI-Polri, melakukan penjagaan di sekitar KPK, lantaran mendapat informasi adanya aksi di gedung tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, pihak kepolisian juga menerjunkan mobil barakuda dan water cannon. Bahkan aparat Kepolisian juga terlihat menyiapkan kawat barrier yang berfungsi menghadang massa aksi.

Ratusan petugas gabungan TNI-Polri terpantau sudah disiagakan sejak pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Sebelumnya, mantan Pimpinan KPK Bambang Widjojanto menyayangkan terjunnya aparat gabungan TNI-Polri tersebut. Dia menilai terjunnya aparat gabungan menunjukkan rasa takut yang berlebihan dari pimpinan KPK Firli Bahuri cs.

“Begitu takutkah pimpinan KPK pada unjuk rasa Koalisi Masyarakat Sipil?. Padahal, masyarakat sipillah yang selama ini menjaga dan membesarkan KPK dalam upaya pemberantasan korupsi,” ujar Bambang dalam keterangannya, Jumat (28/5/2021).

Bambang berharap pimpinan KPK mau menemui para peserta aksi untuk mendengarkan saran dan kritikan masyarakat. Hal tersebut menurut Bambang akan lebih baik demi pemberantasan tindak pidana korupsi ke depan.

“Apakah ini pertanda nyalinya tak lagi menyala karena publik tak lagi percaya, dan pimpinan KPK tak bisa lagi dipercaya? Hadapi para pengunjuk rasa itu, tunjukkan kelas kepimpinanmu,” kata Bambang.

Akan Ada Aksi, TNI-Polri Bersiaga di KPK

Diberitakan, ratusan personel gabungan TNI-Polri diterjunkan di depan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). TNI-Polri berjaga markas antirasuah menyusul adanya informasi aksi yang akan terjadi di KPK.

“Kabar dari pihak Polres benar akan ada unjuk rasa di depan Gedung KPK. Ada juga dibantu pihak TNI karena pihak polres memerlukan tambahan personel,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (28/5/2021).

Pengamanan yang dilakukan personel gabungan TNI-Polri ini tak terlihat seperti biasa. Ratusan personel TNI-Polri yang diterjunkan ini bahkan sampai menutup akses jalan menuju markas antirasuah. Menurut Ali, ketatnya pengamanan untuk mengamankan objek vital di sekitar Gedung KPK.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, dalam rangka penjagaan keamanan objek vital di antaranya Gedung KPK,” kata Ali. (**)

 

Komentar