oleh

Empat Tahun Pimpin Bolmong, Ini Deretan Prestasi Yasti-Yanny

BOGANINEWS, BOLMONG – Kini, genap 4 Tahun sudah, Yasti Soppredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk, memimpin Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Perjalanan mereka, menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) pun, banyak mengukir prestasi.

Berikut deratan prestasi yang ditorehkan kedua Tokoh tersebut, yang berhasil dihimpun redaksi boganinews.com.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk.

1. Indikator Pembangunan

Dari indikator pembangunan, baik dari segi infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi dengan inflasi diatas tujuh persen.

Bolmong relatif mampu menjaga kestabilan. Bahkan di tahun 2018 pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bolmong tertinggi dari 15 Kabupaten Kota se Sulut. Yakni mencapai 7,5 persen.

 

2. Pertumbuhan Ekonomi

Demikian halnya di tahun 2019, pertumbuhan ekonomi Bolmong lebih meningkat lagi dan paling tinggi di Sulut mencapai 7.84 persen.

Selain pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat, perkembangan produk domestik regional bruto (PDRB) pun menunjukkan tren positif.

Hal itu berdasarkan atas dasar harga berlaku tumbuh sekitar lima persen sampai dengan 11 persen setiap tahunnya. Peningkatan nilai PDRB Bolmong ini, tidak lepas dari kontribusi pada sektor pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan serta sektor lainnya.

3. Keberhasilan Menangani Stunting

Kemudian, Pemkab Bolmong juga berhasil menangani persoalan stunting. Pada tahun 2020, angka stunting di Kabupaten Bolmong mampu ditekan hingga 3,87 persen.

Baca Juga:  Pedagang Berjualan Gunakan Roda Empat di Jalan Ibolian Gogagoman Akan Ditertibkan
Bupati dan Wakil Bupati Bolmong saat menyerahkan bantuan bagi warga terdampak pandemi Covid-19

4. Berhasil Menekan Angka Kemiskinan

Kepemimpinan Yasti-Yanny juga mampu menekan angka kemiskinan. Data Badan Pusat Statistik di tahun 2020, angka kemiskinan di Bolmong tinggal 7.27 persen. Angka tersebut, turun dari dua tahun sebelumnya. Dimana pada 2019 berada di angka 7.47 persen dan pada tahun 2018 berada di angka 7.67 persen.

Di tahun 2020 masa pandemi menyebabkan pertumbuhan ekonomi di sejumlah daerah melambat. Namun di Kabupaten Bolmong justru ternyata meningkat dari 7 persen menjadi 7.03 persen.

Atas keberhasilan itu, Yasti menjadi satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang diundang oleh Tempo Media Grup sebagai perempuan penggerak ekonomi dalam kegiatan yang bertajuk “Disccushe Perempuan dan Digital Ekonomi” dalam rangka memperingati Hari Kartini, pada bulan April tahun 2021 lalu.

5. Menjadi Narasumber Nasional

Yasti menjadi narasumber bersama Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementrian BUMN Loto Seinaita Ginting, Direktur PT HM Sampoerna Tbk Elvira Lianita, dan Ekonomi INDEF Enny Sri Hartati.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, menerima buku Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Auditied langsung dari Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut), Karyadi.

6. Meraih Opini WTP

Kepeimimpinan Yasti-Yanny juga, Pemkab Bolmong berhasil mencatat sejarah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, atas pengelolaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bolmong Tahun 2020. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya Kabupaten Bolmong hanya meraih predikat Tidak Wajar (TW), Tidak Memberikan Pendapat (TMP) atau Disclaimer, dan Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Disebabkan persoalan asset.

Baca Juga:  PAN Bolmut Utamakan Kader Partai Maju di Pilkada 2018

Sementara itu, Yasti Soppredjo Mokoagow, saat dimintai keterangannya terkait banyaknya prestasi yang berhasil diraihnya bersama Yanny Ronny Tuuk, mengungkapkan, keberhasilan tersebut berasal dari semua pihak.

“Kewajiban pemerintah tetap memberikan yang terbaik dengan segala keterbatasan kita. Namun, kita tetap punya semangat optimis untuk melayani masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan secara bertahap,” terang hesti kepada boganinews.com.

Dijelaskannya, komitmen mewujudkan Bolmong Hebat, terus dilakukan, dengan memberikan pelayanan terbaik, dengan meletakan kebijakan perencanaan pembangunan pada kebutuhan masyarakat.

“Sehingga secara berkelanjutan, jaminan pemenuhan kebutuhan masyarakat benar-benar memberikan implikasi positif terhadap masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.

Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk saat dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bolmong

Untuk diketahui, kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soppredjo Mokoagow-Yanny Ronny Tuuk genap empat tahun. Tepatnya 22 Mei 2021. Selama empat tahun kepemimpinan pasangan yang dilantik Gubernur Sulut Olly Dondokambey pada 22 Mei 2017 lalu itu, terus memberikan karya terbaik untuk pembangunan daerah. (Advertorial)

Komentar

BERITA LAINNYA