Buruan! 195 Tahun Sekali, Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat Malam Ini

BOGANINEWS – Buruan, hanya terjadi 195 tahun sekali, malam ini, Rabu (26/5/2021), Gerhana Bulan Total (GBT) atau Super Blood Moon.

Melansir okezone.com, di wilayah Barat Indonesia, fenomena alam ini bisa disaksikan di langit Indonesia tanpa alat bantu optik.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, puncak gerhana dapat disaksikan tanpa alat bantu optik pada pukul 18.46 WIB di wilayah barat Indonesia. Pukul 19.46 WITA di wilayah tengah Indonesia dan pukul 20.46 WIT di wilayah Timur Indonesia.

Proses gerhana bulan total kali ini akan berlangsung selama 3 jam 7 menit yang akan diawali gerhana penumbra pada pukul 15.46.37 WIB dan kontak terakhir penumbra pukul 20.51.16 WIB yang mengakhiri seluruh proses gerhana. Durasi puncak gerhana akan berlangsung selama 14 menit dan 30 detik.

Fenomena Blood Moon hanya terjadi ketika fase bulan penuh dan mengalami Gerhana Bulan Total. Bulan akan tampak berwarna merah dan akan semakin merah bergantung dengan ketebalan partikel di atmosfer bumi yang ditembus cahaya itu seperti polusi udara atau tutupan awan.

“Secara umum, ada dua jenis gerhana: Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari,” tulis Juan Carlos Beamín, astrofisikawan di Pusat Komunikasi Sains dari Universitas Otonomi Chile, dalam bukunya yang berjudul “Illustrated Astronomy”. (**)

Komentar