Bupati Bolmong Sambut Kunjungan Kerja Gubernur Sulut

BOGANINEWS, BOLMONG Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Kamis (6/5/2021) menyambut kunjungan kerja Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, bersama rombongan dari unsur Forkopimda Sulut. Kunjungan gubernur ini dalam rangka melaksanakan pemantauan Pos Terpadu Lebaran 2021 dan pos penanggulangan Covid-19 di perbatasan Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara.

Gubernur Sulut bersama jajaran Forkopimda Sulut, diterima Bupati Bolmong di rumah Dinas Bupati di Desa Lalow Kecamatan Lolak, sebelum melanjutkan perjalanan menuju perbatasan.

Bupati Bolmong menjelaskan, kunjungan Gubernur dan rombongan memberikan motivasi kepada Pemda dan masyarakat Bolmong, bahwa  harus tertib menerapkan protokol kesehatan Covid-19. “Kunjungan ini memotivasi Pemda Bolmong dan masyarakat untuk tetap tertib menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” kata Bupati.

Bupati juga menjelaskan, saat ini banyak varian baru terkait Covid-19. Untuk itu harus lebih meningkatkan kewaspadaan. “Sekarang ini banyak varian baru terkait Covid-19. Ini bentuk kewaspadaan Forkompinda Sulut dan kami yang berada di daerah,” jelas Bupati.

Sementara itu, Gubernur Sulut saat ditanyai terkait edaran menyangkut peniadaan mudik sebagai upaya pengendalian Covid-19 menjelaskan, pemerintah telah mengatur pembatasan mobilitas masyarakat dan mengoptimalisasi fungsi Posko Covid-19 di desa/kelurahan selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah. “Peniadaan mudik bagi masyarakat untuk semua penggunaan mode transportasi baik darat, laut dan udara. Juga transportasi umum maupun pribadi. Tujuannya adalah untuk melakukan pemantauan, pengendalian dan evaluasi dalam rangka mencegah terjadinya peningkatan penularan Covif-19 selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah,” terang Olly.

Menurut Olly, pandemi Covid-19 di Sulut bisa dikontrol. Saat ini, Sulut berstatus zona oranye Covid-19. “Paling penting kita disiplin protokol kesehatan,” jelasnya. Ia juga menyebut, sangat rawan jika membuka pintu antar provinsi, karena bisa memunculkan mobilitas tinggi.

Untuk itu kata Olly, agenda ini untuk mengecek di lapangan terkait kesiapan para aparat dalam rangka menghalau yang mudik. “Kita bersyukur koordinasi antar provinsi dan kabupaten baik semua, sehingga tidak menimbulkan kemacetan di perjalanan,” aku Olly, saat mampir bersama rombongan rumah dinas Bupati Bolmong.

Bahkan kata Olly, untuk perbatasan Sulut dan Gorontalo yang dikunjunginya langsung, ia sengaja meminta di perbatasan dua daerah tersebut dalam rangka saling mengecek agar tidak terjadi kemacetan yang panjang di pos-pos pengamanan itu.

“Koordinasinya bagus antara Pemerintah Daerah baik Gorontalo dan di Sulawesi Utara, serta Bupati dan Camat di masing-masing perbatasan ada kerjasama yang baik. Sehingga kita melihat langsung bahwa perjalanan dari Manado sampai Pinogaluman perbatasan Bolmut dan Gorontalo semua lancar tidak ada hambatan,” akunya.

Meski begitu, Olly menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar tidak terlena dengan situasi kondisi di Sulawesi Utara, dimana Pandemi Covid-19 sudah menurun. “Kita harus waspada, karena kita tidak bisa melihat virus ini,” pintanya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Sulut Iwan Sonjaya mengatakan, kunjungan tersebut untuk meninjau kesiapan pos penyekatan perbatasan Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara. “Kegiatan ini menindaklanjuti instruksi Pemerintah Pusat, terkait dengan pelarangan mudik. Kita harus melihat langsung segala kesiapannya,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, kegiatan di pos penyekatan, akan dilaksanakan secara persuasif dalam artian tidak terlalu level up. “Untuk angkutan logistik, kesehatan, serta petugas keamanan kita bisa beri untuk pelaksanaannya,”. ungkapnya.

Diketahui, ikut dalam rombongan Gubernur Sulut adalah Kapolda Sulut, Pangdam Merdeka, Ketua DPRD Provinsi, Sekprov, Danlanud, Danlanal, beserta jajaran Forkopimda Sulut. (Advertorial)

Komentar