oleh

BERKAH di Bulan Ramadhan, Pemkab Bolsel Kembali Raih Opini WTP 7 Kali Berturut-Turut

BOGANINEWS, BOLSEL Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), kembali menerima predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pengelolaan keuangan Tahun 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor BPK RI ini, turut dihadiri Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Sekprov Sulut, Ketua DPRD Sulut, serta Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota se-Sulut. Penyerahan opini WTP kepada Pemkab Bolsel diterima langsung Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid,  Ketua DPRD Bolsel Arifin Olii dan Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, Senin (3/5/2021).

Kepala Perwakilan BPK RI Sulut, Karyadi, dalam sambutannya mengingatkan, Pemerintah Daerah agar tidak berpuas diri dengan opini WTP karena WTP adalah kewajiban bukanlah prestasi. Penyelenggaraan pemerintahan yang baik merupakan suatu tuntutan dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. Pemerintahan yang baik sudah seharusnya menyajikan manajemen pemerintahan yang akuntabel dan transparan.

Baca Juga:  Pemkab Bolsel Gelar Upacara Peringatan HKN, HGN dan HUT Korpri

“Pemeriksaan atas laporan keuangan Pemerintah Daerah oleh BPK itu sendiri, didasarkan pada empat kriteria yaitu, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan atau disclosure, kepatuhan terhadap peraturan perundangan dan efektifitas sistem pengendalian intern pemerintah. Sehingga kualitas laporan keuangan pemerintah daerah secara umum tergambar dari opini yang diberikan oleh BPK,” jelas Karyadi.

Sementara itu, Bupati Bolsel mengatakan, perolehan opini WTP tersebut, merupakan pencerminan proses pengelolaan keuangan daerah secara transparan dan akuntabel. Ia juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, seluruh jajaran SKPD dan semua stake holder. “Termasuk peran lembaga DPRD, hingga daerah tercinta bisa mencapai prestasi ini. Keberhasilan ini suatu kehormatan untuk pemerintah dan masyarakat karena mampu meraih opini WTP,” kata Bupati.

Baca Juga:  Iskandar-Deddy Dilatik Bupati dan Wakil Bupati Periode 2021-2024

Bupati juga berharap, predikat oponi WTP ke 7 kali berturut-turut bisa meningkatkan sinergitas dan menjadi penyemangat bagi seluruh jajaran SKPD dalam bekerja dan berinovasi menuju Bolsel yang lebih baik. “Penghargaan ini, sebagai batu pijakan. Kedepannya harus lebih baik lagi, dalam mengabdikan diri pada Bangsa, lebih khusus daerah selatan BMR tercinta dan masyarakatnya,” ucap Bupati.

Diketahui, perolehan penghargaan Pemkab Bolsel atas opini WTP sudah merupakan ke 7 yang diperoleh secara berturut-turut sejak tahun 2014-2020. Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Asisten III Pemkab Bolsel, Inspektur Daerah, Kaban Keuangan dan Kabag Protokol. (Advertorial)

Komentar

BERITA LAINNYA