oleh

Yanny Tuuk Buka Bimtek DPRD Bolmong

BOGANINEWS, BOLMONG Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yanny Ronny Tuuk membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) DPRD Bolmong, yang digelar Lembaga Domus Pilitica Indonesia (LDPI) bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara dan Universitas Katolik De La Sale Manado, Bertempat di Mercure Hotel, Tateli, Kamis (8/4/2021).

Kegiatan yang mengusung tema “RPJMD, RKPD, LKPJ dan Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah” tersebut digelar dalam rangka optimalisasi tugas lembaga legislative, dan untuk melakukan penguatan kapasitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) berupa kemampuan individu serta pengetahuan akan perundang-undangan yang berlaku.
“Saya selaku Pemerintah Kabupaten Bolmong menyambut baik dan memberikan apresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih, kepada lembaga Domus Politika yang bekerjasama dengan Universitas Katolik De La Salle Manado, atas pelaksanaan agenda yang penting dan strategis ini, sebagai media pembelajaran bagi kita semua selaku pemangku kepentingan di Kabupaten Bolaang Mongondow,” kata Wabup dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup menjelaskan empat hal diantaranya, terkait RPMJD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka waktu 5 tahun. Dimana berdasarkan ketentuan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, kepala daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, paling lama 6 bulan setelah dilantik, wajib menyampaikan dokumen RPJMD kepada DPRD untuk dibahas, disepakati dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Baca Juga:  Pjs Bupati Boltim Pimpin Rapat Desk Pilkada Boltim

“Dokumen RPJMD Kabupaten Bolaang Mongondow Tahun 2017-2022 merupakan penjabaran visi, misi dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah, kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah, yang disertai dengan kerangka pendanaan yang bersifat indikator untuk jangka waktu 5 tahun yang disusun dengan berpedoman pada rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah nasional,” jelas Yanny.

Lanjutnya, daru gambaran umum kondisi Kabupaten Bolmong dalam 5 tahun terakhir, telah diidentifikasi berbagai permasalahan dan isu-isu strategis pembangunan daerah, yang menjadi prioritas untuk dapat diselesaikan dalam waktu 5 tahun kedepan.

Baca Juga:  Wabup Hadiri Kegiatan PKB-PLKB di Manado

“Sehingga untuk menjawab hal tersebut, telah dirumuskan visi pembangunan jangka menengah Kabupaten Bolmong Tahun 2017-2022 yaitu “Menuju Bolaang Mongondow Hebat. Perumusan terhadap visi dimaksud menghasilkan 5 pilar visi hebat, yaitu humanis, enterpeneurship, beriman, akuntabel dan transparan,” paparnya.

Yanny pun berharap narasumber dapat memberikan pemahaman dan penjelasan yang lebih rinci lagi mengenai materi Bimtek untuk anggota DPRD selaku peserta.

“Selamat mengikuti Bimtek, sekaligus berharap Bimtek kali ini semakin menambah pengetahuan individu dalam rangka penguatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia selaku anggota DPRD Kabupaten Bolmong,” ucapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Welty Komaling, Wakil Ketua DPRD Sukron Mamonto dan seluruh anggota DPRD Bolmong. (ino)

Komentar

BERITA LAINNYA