Wabup Boltim dan Koordinator Staf Khusus Temui Sejumlah Menteri

BOGANINEWS, BOLTIM Demi mewujudkan Visi-Misi Bersinar, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto bersama Oskar Manoppo (SSM-OPPO), terus memacu program kerja dan janji politik kepada masyarakat.

Meski dalam suasana bulan Ramadhan, Bupati dan Wabup Boltim, gencar melakukan terobosan termasuk melakukan lobi-lobi di pusat, untuk memacu percepatan pembangunan di berbagai sektor.

Betapa tidak, ditengah keterbatasan anggaran APBD akibat Pandemi Covid-19, pemerintahan SSM-OPPO kerja maraton untuk memaksimalkan semua jaringan yang ada di pusat, demi kesejahteraan rakyat dan kemajuan daerah.

Langkah strategis Bupati, langsung mengutus Wabup dan Koordinator Staf Khusus Fiko Onga, serta sebagian kepala perangkat daerah  berangkat ke Jakarta Kamis (22/04/2021), guna menawarkan berbagai program pembangunan prioritas daerah ke Kementerian hingga DPR RI.

Wabup bersama rombongan bertemu dengan Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid. Beberapa poin yang menjadi pokok pembahasan pertemuan tersebut. Diantaranya, membahas tentang pengembangan jalan perkebunan yang berbasis integratif dengan desa, pengembangan desa melalui multi sektoral, ekspose potensi desa oleh Bupati dengan lintas Kementrian dan lembaga, yang akan difasilitasi oleh Kementrian Desa di Jakarta.

“Selain itu, kami juga membahas terkait rencana kunjungan Sekjen Kemendes ke Boltim dalam rangka ekspose mini potensi Desa,” jelas Wabup saat dihubungi via seluler.

Selanjutnya, Wabup bersama rombongan, juga menemui Wakil Ketua DPR RI yang juga sekaligus Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan Rahmat Gobel, untuk membahas percepatan pembangunan di Boltim, dengan melibatkan pihak swasta yakni PT ASA. Pada kesempatan itu, Wabup bersama rombongan juga mengusulkan pelebaran jalan dengan status ruas jalan Nasional.

“Terkait usulan itu, pak Rahmat Gobel, langsung menelpon Menteri PUPR saat itu juga, agar usulan Pemkab Boltim dapat diseriusi. Pak Rahmat Gobel, merupakan Koordinator Komisi V, termasuk didalamnya Kementrian PUPR. Wakil Ketua DPR RI juga akan melakukan kunjungan ke Boltim usai lebaran,” terang Wabup.

Dihari kedua, Jumat (23/04/2021), Wabup bersama rombongan bertemu langsung dengan Wakil Menteri PUPR, Wempi Wetipo di ruang kerjanya. Pokok pembahasan pada pertemuan tersebut antara lain, percepatan intervensi Pemerintah Pusat terhadap ketersediaan rumah lewat program BSPS, RTLH dan rumah khusus. Sesuai data yang ada, Boltim masih membutuhkan 4 ribu rumah untuk rakyat miskin.

“Berkaitan dengan percepatan program peningkatan ruas jalan Nasional yakni Modayag dan pusat kota Tutuyan, yang dibutuhkan oleh Kementrian adalah jaminan pembebasan lahan dari Pemda. Selanjutnya terkait dengan anggaran, pihak Kementrian mengaku akan membantu Pemda Boltim lewat sinergitas dengan Pak Rahmat Gobel,” kata Wabup.

Senada dikatakan Koordinator Staf Khusus Bupati, Fiko Onga. Menurut Fiko, terobosan yang dilakukan Pemkab Boltim ini merupakan langkah awal dari upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta percepatan pembangunan infrastruktur, sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten saat ini.

“Alhamdulillah untuk langkah awal ini kita mendapat sambutan yang baik dari Kementrian dan Wakil Ketua DPR RI. Ini adalah awal yang baik, demi masyarakat Boltim yang maju dan sejahtera,” terang  Fiko.

Terkait itu, Bupati berharap, dengan adanya pertemuan antara Pemda Boltim bersama pihak Kementrian dan Pimpinan DPR RI tersebut, dapat membantu Pemerintah Boltim dalam memaksimalkan program pembangunan yang tertuang dalam VIsi Misi daerah.

“Kami selaku Pemerintah Daerah, akan berupaya semampu kami untuk mewujudkan pembangunan di Boltim ke arah yang lebih baik. Untuk itu, kami berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar apa yang kita cita-citakan bisa berjalan lancar dan tercapai sesuai harapan kita bersama. Semua ini tidak lain hanya untuk Rakyat Boltim,” ucap Bupati. (*/Agung)

Komentar