oleh

Siaga Potensi Bibit Siklon Tropis, Sekda Bolmong Pimpin Apel Kesiapsiagaan

BOGANINEWS, BOLMONGPemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Rabu (21/4/2021) menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi potensi bibit siklon tropis di Kabupaten Bolmong, yang dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati Bolmong.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang yang juga Kepala BPBD Ex Officio, dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Bolmong sebagai salah satu wilayah yang rentan terjadinya bencana yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam dan faktor manusia.

“Dalam rangka mengantisipasi serta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrim, yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam hidrometerologi di wilayah Kabupaten Bolmong, maka perlu adanya kesiapan dan kewaspadaan dari semua pihak. Untuk itu perlu ada kerjasama antar unsur Pemerintah, TNI, Polri, Masyarakat, Dunia Usaha, Akademisi dan Media Massa,” kata Tahlis.

Baca Juga:  Walikota Suport Atlet Taekwondo Kotamobagu Berlaga di Kejurda Mega Mas Cup

Untuk itu, kata Tahlis, apel kesiapsiagaan ini untuk meningkatkan koordinasi antar dinas terkait dan aparatur serta komponen masyarakat, untuk melakukan langkah–langkah kesiapsiagaan sesuai tugas pokok fungsi dan kewenangan masing–masing.

Pada kesempatan tersebut, Tahlis juga menghimbau melalui camat dan sangadi atau instansi terkait, agar mensosialisasikan bencana bibit siklon tropis.

“Yaitu cuaca ekstrim angin puting beliung,  hujan lebat, disertai kilat / petir,  hujan es dan lain-lain, dampak yang dapat di timbulkan berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, genangan air, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” pungkasnya. (ino)

Komentar

BERITA LAINNYA