oleh

Sekda Bolmong Buka Bimtek Pergeseran dan Penatausahaan Anggaran Melalui SIPD

BOGANINEWS, BOLMONG Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Senin (12/4/2021) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek), Pergeseran dan Penatausahaan Anggaran Pemkab Bolmong Tahun Anggaran 2021 melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), bertempat di Hotel Mercure, Manado.

Mewakili Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Bimtek tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang. Dalam sambutannya Sekda berharap, kegiatan ini bisa memberikan nilai positif bagi pengelolaan keuangan di daerah .

“Kita sudah kedua kali bertatap muka di acara yang seperti ini berkaitan langsung dengan SIPD. Pertama, beberapa waktu lalu terkait proses SIPD. Meski dalam keseharian teman-teman sudah mengenal semua, karena sudah menggunakan aplikasi ini. Tetapi ada hal-hal yang bersifat prinsip yang harus dipahami dan harus diperjelas. Kalau tidak diperjelas dan dipahami, aplikasi sebaik apapun, masih dioperasikan manusia. Kalau kita salah mengoperasikan, akan timbul permasalahan apakah itu penginputan ataukah dalam proses transaksi keuangan yang ada di SKPD masing-masing,” kata Tahlis.

Lanjutnya, ada dua yang perlu diperhatikan. Pertama, terkait pergeseran dan kedua transaksi penambah usahaan transaksi selama triwulan kemarin. “Mudah-mudahan dua hal yang kita bahas hari ini akan memberikan pemahaman yang sangat berarti bagi kemampuan kita dalam proses pengelolaan keuangan menggunakan aplikasi SIPD,” harap Tahlis.

Lanjutnya, sebagaimana yang diharapkan Presiden, sebaiknya terkait dalam pengelolaan keuangan menggunakan sebuah aplikasi, sehingga memudahkan dalam pengambil keputusan. Selain itu, mengurangi rutinitas rapat-rapat evaluasi realisasi anggaran. “Tinggal masuk ke aplikasi SIPD, kita bisa langsung tahu berapa uang negara sudah terproses, berapa persen tingkat realisasinya dan sebagainya. Sehingga proses pengambilan kebijakan lebih tepat dilakukan. Untuk itu, semua peserta diharapkan dapat mengikuti sebaik-baiknya kegiatan ini,” pintanya.

Diketahui, kegiatan yang digelar selama tiga terhitung dari tanggal 12 sampai 14 April 2021 tersebut, turut menghadirkan dua narasumber dari tenaga ahli SIPD dari Kemendagri Didit Joko Gagat Sidi Wahyono dan Kasie Wilayah II Subdit Aji Cakra Maulana. Peserta Bimtek sebanyak 126 orang yang terdiri dari Pejabat Penatausaha Keuangan SKPD, Kepala Sub bagian program, keuangan dan pelaporan, serta bendahara pengeluaran di lingkungan Pemkab Bolmong. (ino)

Komentar

BERITA LAINNYA