Pemkab Boltim Bersama DRPD, Gelar Paripurna Penyampaian RPJMD Tahun 2021-2026

BOGANINEWS, BOLTIM Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Boltim, Selasa (27/04/2021) menggelar papat Paripurna, dalam rangka penyampaian rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026.

Bertempat di ruang sidang Paripurna, rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Boltim Fuad S. Landjar. Pada kesempatan itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, mengatakan, dokumen rancangan awal ini merupakan draf RPJMD yang terukur dan dievaluasi secara komprehensif, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

“Untuk melengkapi rancangan awal RPJMD ini, diperlukan saran, masukan maupun kritik dari Pimpinan dan anggota DPRD. Sehingga, penyusunan rencana pembangunan tahun 2021-2026 dapat terselenggara dengan baik, demi rakyat Boltim yang sama-sama kita cintai,” kata Bupati.

Ditambahkannya, dalam penyusunan rancangan awal RPJMD, Pemerintah Daerah berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017, tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah (Perda), tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Serta tata cara perubahan RJPD, RPJMD, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) hingga beberapa produk peraturan hukum terkait, guna menghasilkan dokumen RPJMD yang berkualitas,” terang Bupati.

Menurut Bupati, dokumen rancangan awal RPJMD merupakan tanggung jawab seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Boltim, terhadap keberlangsungan proses pembangunan di daerah Boltim. “Untuk itu, lewat penyampaian dokumen ini, diharapkan dapat menjadi suatu jembatan kerjasama yang lebih solid antara Legislatif dan Eksekutif,” harap Bupati. (Adve)

Komentar