oleh

Pemdes Jiko Belanga Dapat Pelatihan Pendataan IDM Berbasis SDGs

BOGANINEWS, BOLTIM Pemerintah Desa (Pemdes) Jiko Belanga Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mendapat pelatihan pendataan Indeks Desa Membangun  berbasis Sustainable Development Goals disingkat (SDGs) Desa, bertempat di Balai Desa Jiko Belanga, Kamis (23/4/2021).

Untuk diketahui, SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021

Pelatihan ini digelar oleh Pendamping Desa, dengan menghadirkan pemateri pelatihan dari Pendamping Desa Kecamatan dan Kabupaten. Peserta yang ikut dalam pelatihan ini yaitu Aparat Desa Jiko Belanga.

“SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujar salah satu Pendamping Desa.

Baca Juga:  Kadis PMD Boltim Minta Pendamping Desa Bekerja Maksimal

Lebih lanjut dijelaskannya, pemutakhiran IDM 2021 juga berbasis SDGs Desa. “Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detail lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Ini juga sebagai proses perbaikan serta pendalaman data-data pada level RT, keluarga dan warga,” jelasnya.

Sementara itu, Sangadi Jiko Belanga Riman Manuho menyambut baik dengan adanya pelatihan ini. Menurutnya, Pemdes Jiko Belanga sangat terbantukan dari materi pelatihan Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis SDGs dari Pendamping Desa.

Baca Juga:  Gunady Mondo Terpilih Sebagai Ketua PWI Kota Kotamobagu Periode 2019-2022

“Ucapan terimakasih dari kami Pemdes Jiko Belanga dengan adanya pelatihan ini. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk bagaimana desa kami dapat tau tentang pendataan IDM berbasis SDGs,” kata Riman. (Agung)

Komentar

BERITA LAINNYA