Minggu Pertama Ramadhan, Harga Sembako di Kotamobagu Merangkak Naik

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Awal bulan Ramadhan 2021, sejumlah harga kebutuhan bahan pokok seperti daging ayam, telur ayam dan cabai mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kenaikan kebutuhan bahan pokok ini, mulai meresahkan warga Kotamobagu.

Pantauan di Pasar Serasi yang terletak di Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, Dua pekan terakhir ini lonjakan mulai terlihat. Misalnya, harga ayam kampung mengalami kenaikan mencapai Rp200 ribu per ekor dari sebelumnya Rp100-150 ribu per ekor dan ayam potong dari Rp 50 ribu naik menjadi Rp75 ribu per ekor.

“Kenaikan harga daging ayam ini sejak menjelang Ramadhan, sampai dua pekan terakhir ini,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM), melalui Kepala Bidang Perdagangan, Apri Junaidi Paputungan, Senin (19/4).

Tak hanya daging ayam yang mengalami kenaikan harga, tapi beberapa komoditi lainya juga ikut naik. Seperti cabai rawit, sebelumnya Rp75 ribu menjadi Rp110 ribu per kilogram. Telur ayam dari Rp40 ribu per bak naik menjadi Rp65 ribu.

“Kenaikan cabai sudah sekitar satu bulan dan harga sampai kemarin Rp110 ribu. Minyak kelapa dari Rp12 ribu naik menjadi Rp13 ribu per kilo. Tomat naik Rp10 -11 ribu per kilo. Namun, ada juga bahan yang masih termasuk stabil seperti bawang merah, bawang putih, bawang batang dan daging sapi,” terangnya.

Lanjut Apri, harga-harga komoditi ini masih terus berubah selama bulan Ramadhan. Dan pihaknya masih terus melakukan pemantauan harga sejumlah komoditi lainnya, seperti gula pasir, tepung terigu, telur dan beras.

“Kenaikan disebabkan karena banyak permintaan sementara pemasok di Kotamobagu kurang. Seperti masyarakat yang dulunya tidak berjualan kue, lauk, gorengan dan aneka makanan lainnya, kini sudah berjualan di bulan Ramadhan. Ini yang menyebabkan permintaan tinggi,” jelasnya. (Mira)

Komentar