Juara 1 Lomba IGA, Ini Keunggulan Aplikasi SiJJ Milik Dinas PUPR Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGUAplikasi monitoring/evaluasi melalui Sistem Informasi Preservasi Jalan dan Jembatan (SiJJ) berbasis WEB, inovasi dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu keluar sebagai juara 1 pada ajang Innovative Government Award (IGA) Kotamobagu tahun 2021 untuk kategori perangkat daerah. Hal ini berdasarkan hasil penilaian yang diumumkan tim juri, Senin (12/4/2021) kemarin.

Atas keberhasilan tersebut, Plt Kepala Dinas PUPR Kotamobagu Claudy N. Mokodongan mengatakan sangat bersyukur inovasi SiJJ menjadi pemenang, dimana kata Claudy, hal ini juga bisa menjadi semangat kedepannya bagi PUPR untuk lebih termotivasi lagi dalam menyempurnakan aplikasi itu.

“Mudah-mudahan, aplikasi SiJJ ini bisa bermanfaat sesuai dengan tujuanya yakni untuk instansi Pemerintah Kotamobagu dan masyarakat Kotamobagu,” kata Claudy, saat diwawancarai awak media ini di ruang kerjanya, Selasa (13/4/2021)

Lebih lanjut, dikatakan Claudy, tujuan aplikasi SiJJ ada dua, yaitu untuk pemerintah sebagai pengarsipan data jalan agar mudah diketahui oleh masyarakat, seperti kondisi jalan yang ada di Kotamobagu, dan masyarakat sebagai layanan pengaduan.

“Jadi nantinya masyarakat tidak perlu ke kantor lagi untuk melakukan pengaduan terkait kerusakan jalan, jembatan, irigasi dan lainnya. Akan tetapi itu masih dikembangkan lagi ke sistem android. Untuk sekarang pengaduan SiJJ ini sudah terhubung dengan aplikasi KINALANG, jika ada pengaduan di KINALANG, maka otomatis akan tehubung dengan kami,” pungkasnya. (Mira)

Komentar