oleh

Imbas Covid-19, Pemkab Bolmong Meniadakan Safari Ramadhan

BOGANINEWS, BOLMONGImbas pandemi Covid-19, bulan Ramadhan tahun 2021 ini terpaksa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) meniadakan safari Ramadhan.

Kabag Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Bolmong Rukman Korompot mengatakan, Pemkab Bolmong meniadakan safari ramadhan mengingat saat ini masih adanya Pandemi Covid-19.  “Iya, safari ramadhan ditiadakan karena masih adanya Covid-19. Selain itu, buka puasa dan tadarusan di rumah dinas Bupati di Lolak pun ditiadakan. Untuk tadarusan dilakukan di kediaman Bupati Bolmong, dan pelaksanaannya pun tetap menerapkan prokes,” jelasnya.

Selain itu,kata dia, Pemkab Bolmong juga sudah mengeluarkan surat edaran dengan nomor 400/SETDAKAB/07/37/IV/2021 perihal Pengantar Panduan Pelaksanaan Ibadah Puasa Dimasa Pandemi Covid-19 yang ditujukan kepada Camat sekabupaten Bolmong, tertanggal 14 April 2021. Dimana surat edaran ini mengacu pada Surat Edaran dari Kemenag RI nomor SE 03 Tahun 2021 tanggal 5 April 2021 tentang Panduan Pelaksanaan Ibadah Ramadhan.

Baca Juga:  Ini Batas Pendaftaran CPNS Lewat Situs BKN

Diungkapkannya, surat edaran tersebut berkaitan dengan pelaksanaan ibadah puasa dan shalat tarwih.  “Surat edaran tersebut sudah ditandatangani oleh pak Sekda, dan sudah diedarkan ke semua Camat di Bolmong,” katanya, Senin (19/4) kemarin.

Selain itu, inti dari surat edaran ini adalah penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelaksanaan ibadah. “Seperti, pembatasan jumlah jamaah, di mana jumlah jamaah hanya 50 persen dari kapasitas masjid,” tuturnya.

Selain itu, juga termasuk saat pembayaran zakat nanti. “Saat pembayaran zakat, diimbau agar jangan sampai ada kerumunan,” tambahnya. (*)

Komentar

BERITA LAINNYA