Bupati Bolsel Tutup Bimtek SAKIP

BOGANINEWS, BOLSEL Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, didampingi Sekda Marzanzius A. Ohy, Kamis (22/04/2021) menutup kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP) di lingkungan Pemkab Bolsel yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Kompleks Perkantoran Panango.

Kegiatan ini merupakan program kerja dari BPKP perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang menjadikan Kabupaten Bolsel sebagai Lokus dalam penguatan akuntabilitas kinerja di Provinsi Sulut tahun 2021. Dalam sambutannya, Bupati meminta Kepala Perangkat Daerah mampu memimpin dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan bukan hanya menyerahkan semuanya kepada Kasubag Program dan Pelaporan. Karena yang dipercayakan untuk menjabarkan visi dan misi Bupati dan Wabup adalah Kepala Perangkat Daerah.

“Bappelitbangda sebagai perangkat daerah yang menangani perencanaan daerah, agar benar-benar memperhatikan kualitas dokumen Renstra yang dibuat oleh perangkat daerah termasuk memperhatikan program lintas perangkat daerah. Misalnya penanganan stunting, pengentasan kemiskinan dan pemulihan ekonomi pasca pandemi,” pinta Bupati.

Bupati juga menegaskan, peringkat atau penghargaan yang diperoleh selama ini seperti nilai B untuk SAKIP maupun WTP untuk pengelolaan keuangan daerah dan lainnya, bukanlah tujuan akhir. Tetapi tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat Bolsel.

Terkait PermenPAN-RB Nokor 26 Tahun 2020 tentang pedoman Evaluasi atas Implementasi SAKIP. Bupati perintahkan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah dan jajarannya untuk segera melakukan pembenahan, mengambil langkah-langkah korektif pada masing-masing unit kerja, sehingga apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan reformasi birokrasi serta visi misi pemerintah daerah bisa segera terwujud.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada tim BPKP Sulut, yang telah memberikan pendampingan. “Terima kasih kepada Kepala BPKP perwakilan Provinsi Sulut, pak Setya Nugraha bersama tim, atas kesediaannya memberikan pendampingan, serta mentransfer ilmu penguatan SAKIP,” ucap Bupati.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya asisten III Rikson Paputungan, para Kepala Perangkat Daerah, Sekretaris dan Kasubag Program Pelaporan se-Kabupaten Bolsel. (Holan)

Komentar