Asisten II Kotamobagu, Resmi Membuka Lomba IGA Tahun 2021

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu resmi memulai pelaksanaan presentasi dan wawancara lomba Inovative Government Award (IGA) Kotamobagu tahun 2021 secara virtual, Senin (5/4) di Aula kantor Bappelitbangda.

Mewakili Wali Kota Kotamobagu, Assisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Siti Rafika Bora, di dampingi Kepala Bappeda, Sofyan Mokoginta dan Kepala Bidang Litbang Fahmi Iman, membuka kegiatan tersebut.Dalam sambutannya, Siti Rafika Bora mengatakan, pelayanan publik menjadi tolak ukur keberhasilan konsep Good Governance serta upaya untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik dapat dilakukan apabila keseimbangan antara sektor pemerintah, sektor swasta dan masyarakat yang saling berkesinambungan dalam pengolahan sumber daya alam lingkungan sosial dan ekonomi.

“Pengembangan inovasi merupakan hal yang penting dan penentu keberhasilan daerah menuju revolusi industri 4.0 dalam hal pengembangan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi atau IPTEKIN ditujukan demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera,” kata Bora.

Lanjutnya, sebagai langkah cepat meraih visi dan misi Kota Kotamobagu yaitu “Kotamobagu sebagai Kota jasa dan perdagangan berbasis kebudayaan lokal menuju masyarakat sejahtera dan berdaya saing”. Pembangunan IPTEKIN di daerah akan bermanfaat apabila mampu mengakses dan mendayagunakan secara tepat dan terjangkau.

“Pemkot Kotamobagu saat ini telah mengisi kegiatan atau penghargaan terinvatif  kedua kali setelah sebelumnya telah dilaksanakan tahun 2020, tahun ini IGA terbagi menjadi dua kategori pertama kategori perangkat daerah dan kedua kategori umur. Dasar pelaksanaan telah diatur berdasarkan surat edaran Walikota Nomor 81A/W-KK/V11/2019 tentang peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dengan melaksanakan inovasi daerah, satu perangkat daerah satu Inovasi. Dan peraturan Walikota nomor 11 tahun 2001 tentang pelaksanaan IGA Kotamobagu,” tuturnya.

Selanjutnya, Kabid Litbang Fahmi Iman menyampaikan, setelah pembukaan akan dilanjutkan dengan presentasi oleh peserta kategori perangkat daerah dan tim juri yang menilai yakni badan penelitian dan pengembangan Kemendagri RI, Herie Saksono, perwakilan Bank Indonesia, Eko Hermonsyah Junasmon dan Akademisi Universitas Sam Ratulangi, Magdalena Wullur.

“Dalam kesempatan ini, diharapkan masing-masing inovator dapat meyakinkan tim juri bahwa inovasi yang dipresentasikan layak untuk digunakan pemerintah dan masyarakat serta memberikan kontribusi positif untuk Kota Kotamobagu,” ujarnya (Mira)

Komentar