Teken MoU Bersama Pimpinan BSG dan BPKP Sulut, Ini Harapan Wali Kota Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGUPemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bersama Bank SulutGo (BSG) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Utara (Sulut) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) di Kantor Pusat BSG, Manado, Rabu (17/03).

Penandatanganan MoU tersebut, dilakukan oleh Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, Kepala Perwakilan BPKP Sulut Setya Nugraha, dan Direktur Utama (Dirut) BSG Jeffry A. M. Dendeng, serta penandatanganan PKS dilakukan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu, Kepala Perwakilan BPKP Setya Nugraha dan Pimpinan Cabang BSG Kotamobagu Jummy Roboth.

“Terima kasih kepada BPKP dan BSG yang saat ini dipercaya mengelola RKUD untuk kesediaannya dalam rangka pelaksanaan kegiatan ini. Semoga kedepan dengan dukungan dari BPKP selaku APIP dan BSG selaku pengelola RKUD, pengelolaan keuangan Kota Kotamobagu yang lebih baik lagi, lagi dan lagi,” ucap Tatong Bara.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Sulut Setya Nugraha mengatakan, pihaknya siap membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengelola keuangan dan melaksanakan pembangunan di daerah.

“Kami terbuka untuk segala bentuk konsultasi dan permintaan atensi dari Pemda. tupoksi sebagai aparat pengawas interen pemerintah, kami berkomitmen untuk senantiasa mengawal pelaksanaan pembangunan serta pengelolaan keuangan pemda,” katanya.

Terpisah, Kepala BPKD Kotamobagu Pra Sugiarto Yunus mengatakan, MoU yang dilaksanakan antara BPKP Sulut dan BSG adalah pemanfaatan aplikasi kas daerah secara online sistem yang terintegrasi dengan aplikasi sistem informasi manajemen keuangan daerah, dalam rangka peningkatan pelayanan pengelolaan keuangan Pemkot Kotamobagu.

Selanjutnya, PKS adalah pengembangan dan penggunaan aplikasi koneksi transaksi, antara Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dengan aplikasi sistem informasi manajemen keuangan daerah, dalam rangka optimalisasi pengelolaan keuangan Pemkot Kotamobagu.

“Inti dari MoU dan PKS ini adalah terkait dengan pemanfaatan aplikasi pengelolaan keuangan yang digunakan oleh pemkot kotamobagu yaitu SIMDA (BPKP) dan Kas Daerah (Kasda) online (BSG),” jelasnya. (Mira)

Komentar