Pimpin Rapat RPJMD, Bupati Boltim Singung Soal Kebersihan dan Penataan Wajah Kota

BOGANINEWS, BOLTIM Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, menyentil soal kebersihan dan penataan wajah ibukota Kabupaten Boltim, saat menggelar reorientasi penyusunan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026, bersama Wakil Bupati Oskar Manoppo dan perangkat daerah, bertempat di lantai III kantor Bupati, Tutuyan (10/3/2021).

Pada kesempatan itu, Bupati Boltim menjelaskan tentang pembangunan di Boltim. Dikatakannya, RPJMD merupakan dokumen penting dalam pelaksanaan pembangunan di suatu daerah.

“RPJMD selain memuat rencana pembangunan yang merupakan penjabaran dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati, juga memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, arah kebijakan pembangunan daerah, program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah, program kewilayahan disertai rencana kerja yang bersifat indikatif, serta indikator pencapaian pembangunan,” terang Bupati.

Menurutnya, indikator pencapaian pembangunan perlu ditingkatkan lagi. Nantinya akan dievaluasi sejauh mana capaian di tahun-tahun sebelumnya dan apa saja yang harus direncanakan untuk pembangunan Kabupaten Boltim selama lima tahun kedepan.

“Saya dan pak Oskar memimpin. Tutuyan adalah wajah kita sebagai ibukota kabupaten. Melihat kondisi ibukota yang tidak terus dan terawat, sangat mengecewakan, karena tidak elok di pandang. Kebersihan adalah bagian dari iman. Jdi setiap manusia harus punya jiwa membangun dan jiwa bersih, rapih dan serasi. Itu semua harus lahir dari dalam hati dan pikiran, serta perilaku nyata harus sinergi,” tegas Bupati.

Kedepanya kata Bupati, ia dan Wabup akan menata wajah ibukota juga akan menekankan kebersihan lingkungan.

“Sudah ada SKPD yang melakukan perawatan juga membersihkan disekitar jalur dua dan lingkup kantor. Namun masih ada yang kurang bersih. Saya sangat menyukai keindahan juga kebersihan. Melihat penataan wajah ibu kota kabupaten jadi prihatin. Makanya saya mengajak kalian dan seluruh masyarakat bantu saya dan pak Wabup dalam membangun Boltim lebih maju lagi. Kita akan tata wajah ibukota, juga menjaga kebersihan lingkungan, agar ibukota Boltim serasi dan nyaman,” kata Sachrul. (Agung)

 

Komentar