oleh

Pemkab Bolmut Serahkan LKPD ke BPK-RI Perwakilan Sulut

BOGANINEWS, BOLMUT Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020, kepada Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sirajudin Lasena, mengatakan, Pemkab Bolmut telah menyusun dan menyajikan LKPD 2020 dengan penuh keyakinan, telah bebas dari salah saji materil dan telah menjalankan prosedur analitis yang cermat atas setiap keterhubungan angka-angka dalam LKPD.

“Berdasarkan ketentuan sejak diserahkan LKPD ini, BPK akan segera melakukan pemeriksaan secara rinci. Terinformasi dalam waktu dekat BPK akan segera melakukan pemeriksaan melanjutkan pemeriksaan pendahuluan yang telah dilakukan selama 35 hari pada beberapa waktu lalu. Pemkab juga telah serahkan ikhtisar hasil pemeriksaan pendahuluan atas LKPD 2020,” jelas Sirajudin, Senin (8/3/2021).

Lanjutnya, LKPD sebagaimana dimaksud merupakan kewajiban Pemerintah Daerah sebagai entitas pelaporan yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan, dan harus disajikan berdasarkan standar akuntansi pemerintahan dengan memperhatikan pengungkapan setiap akun laporan dengan penuh keterbukaan (open disclosure).

“LKPD yang diserahkan Pemda Bolmut tersebut terdiri atas, laporan realisasi anggaran, laporan operasional, Neraca, laporan arus kas, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan,” sebut Sirajudin.

Terpisah, Ketua Dewa, Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut Frangky Chandra mengatakan, dengan diserahkannya LKPD, harapannya Bolmut akan kembali meraih predikat WTP.

“Apabila BPK akan melakukan pemeriksaan di Bolmut, maka seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dapat segera menyiapkan apa yang dipersiapkan dalam pemeriksaan nanti,” pinta Frangky.

Diketahui, penyerahan LKPD dilakukan langsung oleh Bupati Bolmut Hi. Depri Pontoh didampingi Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra. Juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut Asripan Nani. (WaOne)

Komentar

BERITA LAINNYA