oleh

Komisi 1 DPRD Bolmut Gelar RDP Bersama Pemdes Pontak

BOGANINEWS, BOLMUT – Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), Rabu (24/3/2021), menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pemerintah dan masyarakat Desa Pontak, Kecamatan Kaidipang.

Anggota Komisi 1 DPRD Bolmut, Suit Pontoh mengatakan, RDP ini untuk menindak lanjuti soal penerima Bantuan Langsung Tunia (BLT) Dana Desa (DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Pontak yang di duga penyalurannya bermasalah.

“RDP ini sebagai pengaduan masyarakat Desa Pontak yang masuk beberapa waktu lalu ke pihak Komisi 1 DPRD Bolmut. Pihaknya meminta kepada Pemdes Pontak dapat menjelaskan persoalan tersebut, sekaligus kita bersama mencari solusi apa yang menjadi keluhan masyarakat Pontak,” kata Pontoh.

Lanjutnya, bentuk protes yang disampaikan masyarakat, jangan diabaikan dan harus menjadi bahan pertimbangan Pemdes Pontak untuk dilakukan musyawarah kembali.

“Semua letak persoalan pasti bisa diselesaikan secara musyawarah. Tidak ada aturan melebihi dari musyawarah. Bukan hanya di pontak, tapi di semua desa harus dilakukan. Pihak DPRD tidak ingin mencari siapa yang salah, siap yang benar, tapi ingin mencari tahu letak persoalannya dan mencarikan solusinya,” jelas Suit.

Terpisah itu, Pjs. Sangadi Desa Pontak Zainudin Bolota mengatakan, pada intinya penyaluran BLT dan DD tahun 2021 mengacu pada regulasi. Pada tahun 2021 calon penerima BLT sesuai aturan kita merujuk kepada kategori kelurga miskin dan kurang mampu yang berdomisili di desa tersebut.

“Atas persetujuan bersama, ada pengurangan penerima BLT kepada KPM merujuk pada keluarga miskin dan kurang mampu berdasarkan aturan yang berlaku. Kami tindak lanjuti dengan rapat untuk musyawarah desa, dengan mengundang semua calon penerima dan dihadiri Sangadi, perangkat Desa, Ketua BPD bersama anggota, lembaga adat dan LPM,” terang Zainudin.

Diketahui, RDP tersebut, turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Fadli  Usup, Camat Kaidipang Moh. Misaalah, Kabid Pemdes Yahya Butotihe dan masyarakat Desa Pontak. (Advertorial)

Komentar

BERITA LAINNYA