oleh

Dispertanak Pastikan Sapi di Kotamobagu Bebas Penyakit Antraks

BOGANINEWS, KOTAMOBAGUDinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu, memastikan hewan ternak jenis sapi dan kambing di wilayah Kotamobagu bebas dari penyakit antraks. Hal dikatakan Kepala Bidang Pertanian Peternakan Dispertanak, Samsul Hidayat Lasena, Senin (01/03/2021).

Menurut Lasena, hewan ternak yang ada di Sulawesi Utara (Sulut) atau khususnya  di daerah Kotamobagu, pada dasarnya bebas penyakit antraks. “Untuk Sulut atau khususnya di Kotamobagu aman,” ucap Samsul.

Baca Juga:  Petani di Kotamobagu Dapat Bantuan Bibit Tanaman

Bahkan kata Samsul, setiap hewan seperti sapi dari luar daerah yang ingin masuk harus melalui pemeriksaan kesehatan hewan di perbatasan. Kecuali sesama kita dari Sulut itu tidak masalah karena aman.

“Sapi yang ada saat ini tidak dari luar provinsi. Kalau pun ada dari luar provinsi, kami harus pastikan dulu sapi tersebut sudah melalui pemeriksaan dari laboratorium bebas dari antraks. Itupun, sangat sulit juga masuk Sulut. Apalagi dari daerah wabah, dilarang masuk Sulut, sehingga Alhamdulillah di Sulut atau lebih khususnya Kotamobagu bebas dari antraks,” tegasnya. (Mira)

Komentar

BERITA LAINNYA