oleh

Desa Talaga Bolbar Menyusun CPCL

BOGANINEWS, BOLMUT Pemerintah Desa Talaga, Kecamatan Bolangitang Barat (Bolbar) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), melakukan penyusunan Calon Petani Calon Lahan (CPCL) dan revitalisasi kelompok tani dari Dinas Pertanian.

Kepala Desa Talaga melalui Sekertaris Desa (Sekdes) Aprisal Pohontu, Selasa (16/3/2021) mengatakan, kegiatan ini untuk mengrevitalisasi kelompok tani dan CPCL, agar masyarakat tani bisa terkafer di kelompok. Hal ini juga bisa mengakomodir kelompok tadi, apabila ada bantuan-bantuan yang diperuntukan bagi kelompok tani, serta yang masuk anggota dalam kelompok dapat mengetahui bahwa mereka salah satu anggota kelompok.

“Kegiatan revitalisasi kelompok tani ini juga bertujuan untuk mengevaluasi bagi petani yang memiliki lahan tetapi belum tercover dikelompok tani,” jelasnya.

Dikatakannya, Pemerintah Desa Talaga berharap, kelompok tani yang sudah ada dapat dibuatkan legalitas agar tidak ada kelompok tani baru yang akan muncul menggunakan KTP dan memiliki lahan kemudian bertani.

“Legalitas ini penting agar tidak ada kelompok tani baru yang menggunakan KTP dan masuk dalam kelompok tani,” terang Pohontu.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Defri Waworuntu koordinator Balai Penyuluh Pertanian dan Ahyar Pamili pengamat hama dan penyulu pertanian. Juga para kelompok tani diantaranya kelompok tani Green dan kelompok tani Mososobotu, serta perangkat desa dan kepala dusun. (WaOne)

Komentar

BERITA LAINNYA