Bupati dan Wabup Boltim, Hadiri Rakor Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi

BOGANINEWS, BOLTIM Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto dan Wakil Bupati Oscar Manoppo, Selasa (30/03/2021) kemarin, menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bertempat di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

Gubernur Olly Dondokambey dalam kegiatan itu menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan peluang bagi para kepala daerah untuk menerima masukan dari narasumber terpercaya terkait pengawasan intern keuangan dan pembangunan daerah.

“Jadi kebanggaan kita karena yang hadir di sini para pengambil keputusan para stakeholder dalam pengawasan baik internal maupun eksternal,” kata Gubernur.

Gubernur berharap, lewat kegiatan ini, komitmen dari setiap kepala daerah dalam memajukan Sulut bisa berjalan dengan baik.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai pejabat publik di Provinsi Sulut sesuai arahan dan komitmen, bisa berjalan dengan baik. Terkait dengan pembangunan di Sulut, kita ketahui bahwa sektor pariwisata yang menjadi primer mover terhadap sektor-sektor strategis lainnya, begitu juga dengan sektor pertanian,” terang Gubernur.

Sementara itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto berpendapat bahwa kegiatan ini sangat baik untuk perkembangan sektor wisata kedepan. Apalagi Boltim merupakan salah satu daerah di Sulut yang kaya dengan potensi pariwisata. “Dengan kesamaan langkah pengawasan APIP terhadap akuntabilitas bisnis pemulihan sektor pariwisata,” kata Bupati.

Tidak hanya itu, dalam sesi Dialog, Bupati juga sempat menanyakan kepada pihak BPK terkait Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang dianggap terlalu ketat.

Terinformasi, yang hadir pada kegiatan ini diantaranya, Wakil Ketua KPK RI Alexander Marwata, Gubernur Sulut, Wakil Gubernur Sulut, Deputi BPKP Bidang Investigasi Agustina Arumsari, Inspektur I Inspektorat, Jendral Kemendagri Bachtiar Sinaga, Sekdaprov Sulut, serta seluruh Kepala dan Wakil Kepala Daerah se Sulut. (Agung)

Komentar