Bupati Bolsel Buka Musrenbang Kabupaten

BOGANINEWS, BOLSEL Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, didampingi Wabup Deddy Abdul Hamid, Senin (29/03/2021) membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bolsel Tahun 2022.

Kegiatan yang digelar di kawasan obyek wisata Mangrove, Desa Transpatoa, Kecamatan Helumo, dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) yang diwakili Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Abdullah Mokoginta.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, penyusunan RKPD tahun 2022 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana RKPD tahun 2022 di susun secara paralel bersamaan dengan penyusunan RPJMD 2021-2026 juga RKPD 2022 di susun berdasarkan orientasi proses melalui pendekatan partisipatif, teknokratif, politis serta top-down dan bottom-up.

“Dengan pendekatan holistik, tematik, integratif dan spasial, serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan money follow program dengan cara memastikan hanya program yang benar-benar bermanfaat yang dialokasikan dan bukan sekadar berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah,” jelas Bupati.

Menurutnya, Musrenbang RKPD merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka membahas rancangan RKPD dan merupakan sarana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat, atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

Bupati juga mengingatkan bahwa, permasalahan pembangunan Kabupaten Bolsel yang dihadapi berkaitan dengan isu-isu strategis antara lain, angka kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, disparitas wilayah, infrastruktur, indeks pembangunan manusia, angka pengangguran terbuka, indeks ketahanan pangan, pertanian dan perikanan, energi , peningkatan kemampuan daya saing koperasi, UMKM dan industri, kerjasama daerah, komunikasi dan informatika, lingkungan hidup dan penanggulangan bencana.

“Kesemuanya ini harus mampu dijawab dan dituntaskan dengan program dan kegiatan yang benar-benar bersentuhan langsung, serta menyelesaikan persoalan yang ada. Untuk itu, para kepala perangkat daerah lebih serius dan benar-benar mencurahkan pikiran dan tenaganya dalam menyusun program dan kegiatan yang benar-benar memberikan dampak positif untuk pembangunan daerah,” pintanya.

Bupati juga berharap, ada masukan dan saran serta kritik membangun untuk penyempurnaan RKPD tahun 2022 untuk mewujudkan Kabupaten Bolsel yang bersatu, berdaulat, mandiri, sejahtera dan berkepribadian dengan semangat gotong royong yang berdasarkan Pancasila.

Sementara itu, Gubernur Olly Dondokambey yang diwakili Kepala Biro Administrasi Pembangunan Abdullah Mokoginta, dalam penyampaiannya mendorong agar penyusunan RKPD Kabupaten Bolsel mampu menetapkan indikator makro dan variabel-variabel pembangunan yang tepat agar pembangunan daerah akan terarah.

“Dengan demikian nantinya akan berimplikasi pada kemajuan Kabupaten Bolsel yang seterusnya akan menopang capaian visi pembangunan Provinsi Sulut tahun 2021-2026 menuju Sulut Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik,” terangnya.

Diketahui, Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan bantuan infrastruktur berbasis masyarakat, berupa instalasi air bersih dan alat-alat berat dari Kementerian PUPR kepada Pemkab Bolsel yang diterima langsung oleh Bupati Bolsel.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Ketua dan anggota DPRD Bolsel, Sekda Marzanzius Atvan Ohy, Kepala BPS Bolmong Jasni Makalunsenge, Kabid Pemerintahan Sosbud Bappeda Provinsi Feibe Rondonuwu,
Kakan Kemenag, Ketua Pengadilan Agama, para Asisten Sekda, para pimpinan perangkat daerah, serta tokoh-tokoh masyarakat. (Holan)

Komentar