oleh

Bolmong Masuk Nominasi Calon Penerima Anugerah Parahita Ekapraya 2021

BOGANINEWS, BOLMONG Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) masuk sebagai salah satu calon nominasi penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI.

Hal ini menyusul surat dari Kemen PPPA RI terkait Verifikasi Lapangan APE yang selanjutnya ditindaklanjuti melalui virtual Zoom Meeting di kantor Bappeda Bolmong, Senin (29/3/2021) yang dihadiri langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Bolmong.

Melalui via daring tersebut, Asisten Deputi Pengurus Utama Gender Kementerian PPPA, Eni Widyanti menjelaskan, tujuan verifikasi itu sebagai dasar penilaian dalam memperoleh penghargaan APE oleh kementerian PPPA.

“APE merupakan apresiasi dari pemerintah pusat untuk pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten yang berhasil dalam pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG),” jelas Eni.

Terkait hal itu, Sekda Bolmong Tahlis Gallang mengatakan, visi dan misi Kabupaten Bolmong sudah relevan dengan kesetaraan gender.

“Demi menunjang proses verifikasi di lapangan oleh Kemen PPPA, kami telah menghadirkan beberapa OPD yang langsung bersentuhan dengan pemenuhan indikator terkait APE,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bolmong Farida Mooduto mengatakan, pihaknya bakal mengirimkan semua data yang diminta pada saat verifikasi secara virtual kepada tim verifikator Kementerian PPPA.

“Dari 15 kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut) hanya tujuh daerah yang masuk nominasi APE dari Kemen PPPA. Sela satunya Pemkab Bolmong. Dan dalam pelaksanaannya, Kemen PPPA melakukan verifikasi berdasarkan bukti faktual yang diinput oleh Pemkab Bolmong,” pungkasnya. (*)

Komentar

BERITA LAINNYA