oleh

Rayakan Milad Ke-6, KPA Kano-Kano Gelar Aksi Pungut Sampah di Gunung Ambang

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Kelompok Pecinta Alam (KPA) Kano-Kano Kotamobagu, menggelar aksi pengumutan sampah di Gunung Ambang yang terletak di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Diketahui, kegiatan yang mengangkat tema “Ayo Kurangi Sampah Plastik” itu dilaksanakan bertepatan dengan perayaan Milad KPA Kano-Kano ke-6 pada Minggu (14/2/2021) lalu.

Aksi bersih sampah di Gunung Ambang yang memiliki ketinggian 1.795 meter di atas permukaan laut tersebut, melibatkan melibatkan seluruh penggiat alam yang ada di Kotamobagu maupun diluar Kotamobagu.

“Yang ikut terlibat dalam aksi tersebut diantaranya, Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala), Siswa Pencinta Alam (Sispala) dan KPA, yang ada di Kotamobagu, Manado, Bitung, Minahasa Tenggara dan Minahasa Selatan, dengan total 50 peserta,” ungkap Ketua Umum KPA Kano-Kano, Rivandhy Ravie Iha, Selasa (16/2/2021).

Menurutnya, kegiatan ini, selain untuk mengisi momentum hari Milad KPA Kano-Kano, juga sebagai implementasi dari tujuan dibentuknya KPA ini, yaitu menjaga, memelihara, dan mempertahankan dalam usaha pelestarian alam dan lingkungan hidup.

“Semoga kegiatan ini menjadi salah satu langkah untuk mengajak para pendaki agar peduli lingkungan, khususnya dengan keberadaan Gunung Ambang yang merupakan kawasan cagar alam di Bolaang Mongondow Raya yang harus kita jaga bersama,” harap Aco, sapaan akrabnya.

Pada aksi pengumutan sampah itu kata dia, setiap pendaki yang ikut pada kegiatan tersebut diberikan satu kantong plastik sampah atau kantung untuk mengangkat sampah yang bertebaran di Gunung Ambang dan pos-pos yang dilintasi.

”Sasaran sampah yang ada diangkut adalah sampah plastik. Sampah hasil dari pemungutan itu, kita bawa ke kaki bukit untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang terletak di jalan AKD Kotamobagu,” pungkasnya. (Mira)

Komentar

BERITA LAINNYA