oleh

Disbudpar Bantu Pengembangan Dua Destinasi Wisata Milik Desa

BOGANINEWS, KOTAMOBAGUDinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu, akan ikut membantu pengembangan dua lokasi destinasi wisata yang ada di dua desa di Kota Kotamobagu.

Dua tempat wisata tersebut, yakni destinasi wisata Bukit Bambe’an di Desa Sia’, Kecamatan Kotamobagu Utara, dan destinasi wisata air terjun Molimpungan di Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Menurut Kepala Disbudpar Anki Taurina Mokoginta, untuk tahun 2021 ini, Disbudpar sedang dalam tahap pembenahan tahap II terkait destinasi wisata Bukit Bambe’an di Desa Sia. Dimana kata Anki, untuk destinasi wisata itu, pihaknya tahun kemarin sudah melakukan intervensi penataan untuk spot-spot dan papan nama.

“Nah, di awal tahun 2021 ini, sesuai dengan kesepakatan dengan Pemerintah Desa Sia’, yang dimana kita melakukan sering antara penggunaan Dana Desa (Dandes) dan mana yang harus dilakukan Disbudpar. Hasilnya, Dandes nanti akan diintervensi untuk penataan lanjutan, sementara Disbudpar akan membuatkan vidio promosinya,” aku Anki di ruang kerjanya kepada media ini, Kamis (11/2/2021).

Baca Juga:  Kadis PMD Boltim Imbau Sangadi Meredam Informasi Hoax 

Selanjutnya kata Anki, untuk destinasi wisata air terjun Molimpungan yang ada di Desa Kobo Kecil, pihaknya sekarang tidak menitik beratkan hanya pada air terjunnya saja, akan tetapi lebih kepada faedah atau fasilitas lain di areal terbuka, seperti  di sana bisa ada kemping atau perkemahan ataupun yang mau uji kekuatan kaki.

“Nanti akan dibuat  tracking trek untuk haiking, karna pintu masuk dari jembatan gantung ke titik awal untuk menuju ke puncak atau air terjun kurang lebih sekitar 1 sampai 2 kilo meter. Selain itu akan dibuat lokasi kemping,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bupati dan Wabup Bolsel Hadiri Pertemuan Akbar HUI Ilomata BMR

Terpisah, Sangadi (Kepala Desa) Sia’, Herto Balansa mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai langkah yang konkrit guna mendukung program tersebut.

“Anggaran yang diambil dari Dana Desa sebesar 300 juta, yang diperuntukkan untuk pembagunan jalan setapak menuju Bukit Bambe’an dan pembuatan Gazebo yang ada dipuncak nanti,” kata Balansa.

Ia pun berharap, dengan memanfaatkan berbagai sumber daya alam yang ada di Desa Sia’ ini, dapat membantu meningkatkan perekonomian Daerah Kotamobagu khususnya warga Desa Sia’. “Itu harapan kami,” ucapnya. (Mira)

Komentar

BERITA LAINNYA