oleh

Besarnya Peran Media Sosial, Ini Harapan Kadis Kominfo Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Media Sosial atau biasa di singkat Medsos adalah sebuah daring yang digunakan satu sama lain dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial,wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Tak heran, media sosial memiliki peran yang penting di masyarakat.

Meski begitu, kehadiran media sosial terkadang salah diartikan atau sengaja dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan konten negatif, ujaran kebencian, bahkan provokasi terhadap masyarakat.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu, Moh Fahri Damopolii, S.Kom., ME, mengatakan, untuk memproteksi hal-hal ini pemerintah telah mengeluarkan undang-undang nomor 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang telah mengalami proses revisi sebagai efek jerah bagi para penyebar konten negatif.

Baca Juga:  Pimpin Apel Perdana, Sehan Minta ASN dan Honorer Tingkatkan Kedisiplinan

“Konten negatif dapat merugikan orang lain dan mempengaruhi pola pikir penerima informasi. Penyebar konten negatif tidak luput dari jeratan hukum sesuai undang-undang ITE. Untuk itu, pengguna Medsos khususnya di Kotamobagu harus cermat dan bijak dalam mengunggah informasi,” harap Fahri.

Untuk itu, Fahri berharap agar platform dalam media sosial ini baiknya dimanfaatkan dengan hal yang lebih bermanfaat.

“Media sosial memang memberikan kebebasan bagi para penggunanya. Tetapi harus beretika, bersikap respek kepada teman atau orang-orang yang terkoneksi di akun media sosial kita,” kata dia.

Selain itu, Fahri juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih bijak dalam memanfaatkan medsos.

Baca Juga:  Doyan "Pelesir" Panwaslu Bolmut Disorot

“Hindari penggunaan kata-kata kasar atau yang mengandung unsur SARA, ujaran kebencian, persekusi, berita hoax serta hal negatif lainnya. Sekali lagi, mari kita sama-sama mencegah pelanggaran UU ITE. Postinglah konten-konten positif yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain sesama pengguna Medsos. Selain itu, saya juga mengimbau kepada para orang tua untuk mengawasi anak-anaknya saat menggunakan gadget dan medsos,” pintanya. (*)

Komentar

BERITA LAINNYA