Jadikan Unggulan di BMR, Benih Padi Jenis Serayu di Kotamobagu Bakal Didaftarkan ke Kementan RI

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (Dispertanak) Kota Kotamobagu akan bekerjasama dengan Balai Pengujian Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Perkebunan (BP2SBTP) Provinsi Sulawesi Utara, dalam hal perbaikan varietas padi lokal jenis Serayu.
Kepala Dispertanak Kota Kotamobagu, Muhammad Yahya kepada media ini, mengungkapkan, tahun ini program pemurnian benih padi lokal dengan jenis Serayu menjadi prioritas pihaknya, agar terdaftar di Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan menjadi unggulan di Bolaang Mongondow Raya (BMR).
Dijelaskannya, penangkaran padi lokal yang utama adalah tahapan seleksi, baik seleksi benih maupun seleksi tanaman. Nah, salah satu cara yang kita upayakan yaitu dimurnikan.
“Jadi, nanti tiga kali panen kita lakukan uji coba, apakah benih tersebut layak atau tidak,” terangnya.
Untuk itu, kata Yahya, pihaknya akan bekerjasama dengan BP2SBTP Provinsi Sulawesi Utara, jika nanti hasilnya bagus kita akan daftarkan ke Kementerian Pertanian, agar benih padi Serayu mempunyai legalitas sebagai bibit dari Bolaang Mongondow Raya.
“Tujuan pemurnian ini untuk memperoleh benih padi lokal yang murni dan tidak tercampur dengan varietas lain, sehingga dihasilkan benih padi lokal yang murni, seragam dan bisa menjadi benih lokal,” akunya. (Mira)

Komentar