oleh

Dua Program Nasional BKKBN Pusat, Siap Disukseskan di Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGUDinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kota Kotamobagu, siap menyukseskan dua program nasional Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat di tahun 2021 ini.
Dua program nasional BKKBN Pusat ini, yaitu meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing dan revolusi mental, serta pembinaan ideologi Pancasila.
“Kita akan memprioritaskan program Nasional BKKBN, sebab itu sudah menjadi tangung jawab instansi yang ada di kabupaten/kota,” kata Kepala Dinas PP dan KB Kota Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, saat diwawancarai awak media BoganiNews.com di ruang kerjanya, Rabu (20/1/2021).
Lebih lanjut, dijelaskannya, BKKBN melalui Dinas PP dan KB dalam prioritas nasional meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing memiliki peran pengendalian penduduk dan penguatan tata kelola kependudukan.
“Nah, dengan penekanan pada penguatan koordinasi, kolaborasi dan sinkronisasi antara Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, masuk pada kegiatan prioritas pemaduan dan sinkronisasi kebijakan pengendalian penduduk,” jelasnya.
Menurutnya, peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan, dengan cara penekanan pada penguatan pelayanan kesehatan dasar (Primary Health Care) dan peningkatan upaya promotif dan preventif yang didukung oleh inovasi dan pemanfaatan teknologi. “Kemudian masuk di dalam kegiatan prioritas peningkatan kesehatan ibu anak, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi,” ujar Yani.
Sedangkan dalam prioritas nasional revolusi mental dan pembinaan ideologi Pancasila kata Yani, dengan cara penekanan pada upaya memperkukuh ketahanan budaya bangsa untuk membentuk mentalitas bangsa yang maju, moderen dan berkarakter.
“Dinas PP dan KB masuk dalam kegiatan prioritas revolusi mental dalam sistem sosial yang fokus pada penguatan ketahanan keluarga,” ujarnya.
Meski begitu, Yani, yang baru dilantik sebagai Kepala Dinas PP dan KB belum lama ini, menegaskan, juga akan tetap memperhatikan program-program yang ada di Kotamobagu, yang juga menjujung visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu.
“Tahun ini kita mengadakan kerja sama dengan Dinas Kesehatan dalam rangka pelaksanaan pengendalian penduduk dan pelaksanaan program keluarga berencana. Mudah-mudahan, Dinas PP dan KB bisa menunjang pencapaian, serta bisa menunjang prioritas naslional,” tutupnya. (Mira)
Baca Juga:  Pemkot Undang MenPAN-RB Lounching Program e-Government

Komentar

BERITA LAINNYA