oleh

Lewat Vidcon, Diskominfo dan Dinkes Boltim Mengikuti Webinar yang Digelar Kemkominfo RI

BOGANINEWS BOLTIM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Jumat (4/12/2020) mengikuti Webinar melalui Video Conference (Vidcon) yang diprakarsai Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Kegiatan yang mengangkat tema “Vaksin Aman Masyarakat Sehat” tersebut digelar di kantor Diskominfo Boltim, yang bertujuan untuk membahas terkait cara penanganan penyebaran Covid-19 dengan tema “Vaksin Aman Masyarakat sehat”.
Kepala Dinkes Boltim Eko Marsidi, pada Webinar itu membawakan materi terkait penanganan penyebaran Covid-19 di tengah tahapan penyelengaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.
Menurut Marsidi, di masa tahapan Pilkada, pihaknya selalu melakukan sosialisasi serta edukasi himbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, karena di Boltim lagi dalam kondisi menghadapi Pilkada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Boltim, sehingga tingkat kerawanannya banyak terjadi seperti pelanggaran protokol kesehatan,” jelasnya.
“Terlebih saat kampanye, setiap Paslon yang melakukan kampanye dialogis sering terjadi kerumunan masa,” terangnya.
Selain itu kata dia, ketika massa pendukung mengundang Paslon kandidat bakal calon untuk menghadiri kegiatan acara seperti bakar Binarundak (Nasi Jaha) atau hajatan lainnya yang melanggar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di kondisi Pilkada, kami selaku pemerintah selalu mengingatkan dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.
“Sampai ada yang melanggar kita kenakan sanksi,” tegasnya.
Marsidi pun mengungkapkan, di bulan Februari tahun 2021, pihaknya akan melaksanakan vaksinisasi kepada masyarakat Boltim. “Vaksinisasi ini tujuannya merangsang kondisi imun seseorang untuk meningkatkan kondisi anti body di masa pandemi agar terhindar dari wabah Covid-19. Pesan kami agar seluruh masyarakat Boltim, dapat mematuhi penerapan protokol kesehatan, tetap hidup bersih, jaga jarak, sering cuci tangan, pakai masker, dan ciptakan hidup Germas,” pintanya.
Di tempat yang sama, Sekretaris Diskominfo Boltim, Fitra Damopolii, saat Vicon berlangsung memaparkan materi tentang penerapan New Normal sebagai pendekatan baru penanganan Covid-19 di Kabupaten Boltim.
Dijelaskan Fitra, Kondisi pandemi atau penyebaran virus Covid-19 ini tentunya sangat berpengaruh pada seluruh aktifitas tatanan masyarakat Boltim. “Tadi sudah dipaparkan oleh pak Kadis Kesehatan Eko Marsidi tentang bagaimana cara penanganan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di Boltim sampai daerah ini masuk di Zona hijau, terlebih Boltim dalam tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada).
“Alhamdulilah Boltim masuk Zona Hijau New Normal dalam penanganan penyebaran Covid-19. Meskipun daerah ini pernah ada kasus Covid-19, akan tetapi langsung tertangani. Itu semua karena peran dan kepedulian Bupati Boltim Sehan Landjar, juga tenaga kesehatan yang memberikan edukasi himbauan, juga jaminan kesehatan kepada masyarakatnya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Fitra.
Untuk itu kata Fitrah, pihaknya juga tidak henti hentinya selalu menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan dan tetaplah hidup sehat.
“Terima kasih kepada Kemkominfo RI yang telah mempercayakan kami Diskominfo Boltim serta telah melaksanakan kegiatan Webinar Vicon tentang penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan tema “Vaksin Aman Masyarakat Sehat”. Jangan lupa selalu jaga jarak, cuci tangan, pakai masker dan hidup Germas,” harapnya. (Agung)

Komentar

BERITA LAINNYA