oleh

Jelang Hari Pencoblosan, Kesbangpol Boltim Pantau Penyaluran Logistik

BOGANINEWS, BOLTIM – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), maka Badan Kesatauan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Boltim, mulai melakukan pemantauan kesiapan pendistribusian logistik surat suara di setiap Tempat Pemugutan Suara (TPS).
Hal ini dikatakan Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Boltim Udel Simbala, Rabu (2/12/2020). “Jelang tujuh hari, Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, juga pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boltim, kami selaku Pemerintah Daerah melakukan  pantauan, juga koordinasi dengan penyelenggara Pemilu, yaitu KPU dan Bawaslu, terkait pendistribusian logistik surat suara di Kabupaten Boltim,” jelas Simbala.
Selain itu kata Kaban, pihaknya juga melakukan pemantauan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. “Waktu kampanye dialogis kami lakukan pemantauan dan himbauan kepada setiap pendukung paslon, agar menghindari kerumunan. Kedepanya kami akan memperketat penerapan protokol kesehatan, pada saat pemungutan suara dan yang paling rawan pada saat perhitungan suara. Sebab, saat itu pasti akan ada banyak kerumunan orang dan rawan penyebaran Covid-19. Itu yang perlu di antisipasi dari sekarang,” terangnya.
Lanjutnya, untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemda akan bekerja sama dengan pihak penyelangara Pemilu dan pihak keamanan yaitu Polisi dan unsur TNI. “Selama tahapan Pilkada kampanye dan lain-lain, pelanggarannya banyak terjadi di aspek penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkapnya.
Dikatakannya, Pemda Boltim dalam hal ini Kesbangpol, akan melakukan hitung cepat, Desk Pilkada. “Nanti dari Pemda akan turunkan kurir – kurir, di tiap-tiap TPS untuk hitung cepat (Quick count), agar masyarakat tidak lagi berkerumun di TPS. Juga dipermudah melihat hasilnya lewat media sosial atau situs web Pemda,” kata Simbala.
Ia juga menghimbau, kepada masyarakat Boltim, untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban, serta kerukunan. “Mari kita ciptakan Pilkada damai dan jangan Golput. Datanglah ke TPS pada 9 Desembar nanti. Dan yang terpenting patuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” pintanya. (Agung)

Komentar

BERITA LAINNYA