Dinkes Bolmong Gelar Khitanan Massal di Puskesmas Passi Barat

BOGANINEWS, BOLMONG – Untuk meringankan beban warga di tengah pandemi Covid-19, Pemkab Bolmong melalui Dinas Kesehatan menggelar khitanan massal secara gratis di Puskesmas Passi Barat, Rabu (2/12/2020).
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bolmong dr Erman Paputungan mengatakan, khitanan massal yang dilaksanakan itu menargetkan 400 anak, yang tersebar di desa-desa yang ada di Kabupaten Bolmong. “Program khitanan massal gratis murni bersumber dari APBD Bolmong, dan ide dari Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow,” akunya.
Selain itu kata dia, kegiatan ini sudah kita lakukan sejak Maret. “Namun karena terjadi refocusing, sehingga anggarannya dimasukkan lagi di APBD Perubahan,” terangnya.
Ia juga mengatakan, program ini sebelumnya sudah dimulai di Kecamatan Bolaang, tepatnya di Desa Langagon.”Untuk hari ini kegiatannya dipusatkan di Kecamatan Passi Barat,” katanya.
Sementara itu, Camat Passi Barat, Marief Mokodompit menambahkan, khitanan massal gratis ini tentunya sangat membantu warga, terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. “Untuk kecamatan Passi Barat terdapat 13 desa dengan jumlah anak yang dikhitan berjumlah 62 anak,” ucapnya.
Namun kata Maarif, guna menghindari kerumunan, sedari jauh hari protokol kesehatan telah dirancang sedemikian rupa. Mulai dari penggunaan masker untuk panitia dan peserta, hand sanitizer, jaga jarak hingga mengatur sejumlah anak.
“Sebenarnya agak riskan acara khitanan massal itu diselenggarakan di masa pandemi ini, tapi sebagai bentuk keinginan dari masyarakat, sehingga pemerintah ambil bagian untuk membantu,” tutupnya. (ino)

Komentar