oleh

Wali Kota Kotamobagu Ungkap Nazar Yasti Bangun Pesantren Sejak Tahun 2009

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pembangunan pesantren di Desa Bungko, Kecamatan Kotamobagu Selatan ternyata sudah direncanakan sejak tahun 2009.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, kalau tanah seluas 5 Hektare milik dari Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, telah lama direncanakan untuk diwakafkan guna pembangunan pesantren.

“Saya hingga pagi ini rasanya tidak percaya dengan pembangunan pesantren ini. Tanah ini, sedikit saya ceritakan. Mohon maaf ibu Yasti, sejak Ibu Yasti belum dilantik menjadi anggota DPR RI saat itu, beliau mengajak bersama saya melihat tanah ini. Sejak itulah beliau bernazar kalau tanah ini akan diwakafkan bagi pembangunan pesantren. Sejak tahun 2009 sampai nanti kemudian terwujud di tahun 2020 ini,” ungkapkan Tatong saat memberikan sambutan, usai peletakan bat pertama pembangunan Pesantren Tahfizh Darul Quran Ayyastiyah di Desa Bungko Kecamatan Kotamobagu Selatan, Senin (09/11/2020) pagi tadi.

Bahkan kata Tatong, niatan membangun Pesantren tersebut, dirinya bersama Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, sempar mencari jalur untuk berkomunikasi dengan Pesantren Gontor.

“Berjalannya waktu itu yasti mengajak saya untuk bersama-sama mencari jalan bagaimana gontor bisa berakses di tanah ini. Singkat cerita kita tidak menemukan cerita lanjut karena situasi covid kita sudah tidak berkomunikasi dengan Gontor,” akunya.

Lanjut Tatong, secara tiba-tiba sekira 10 hari yang lalu, Pjs Gubernur Sulut DR Drs Agus Fatoni menelepon dirinya, untuk rencana perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kotamobagu.

“Tidak disangka tiba-tiba dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kemarin, Bapak Pjs Gubernur menelepon saya untuk melaksanakan perayaan Maulid Nabi di Kotamobagu, dan tanpa saya ketahui sehari sebelum pelaksanaan, pak Pjs Gubernur menyampaikan bahwa beliau akan besama-sama dengan pak KH Yusuf Mansur ke Kotamobagu. Singkat cerita, kemudian kita berkomunikasi dan lantas terwujud dalam waktu tidak lama, sampai kemudian dilakukan peletakan batu pertama pembangunan pesantren pagi hari ini,” tambahnya. (*)

Komentar

BERITA LAINNYA