Tiga Hal Ditegaskan Pjs Gubernur Sulut Saat Kunker ke Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM – Penjabat Sementara (Pjs), Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Agus Fatoni, bersama Forkopimda Sulut melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).
Pjs. Gubernur dan rombongan mendarat dengan helikopter, di lapangan olah raga Gogaluman Tutuyan, Rabu (18/11/2020) dan di sambut oleh Pjs Bupati Boltim Christiano E. Talumepa, beserta Forkopimda Boltim.
Pjs Bupati Boltim dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Pjs Gubernur Sulut dan rombongan. “Atas nama pemerintah menyampaikan selamat datang di Kabupaten Boltim kepada pak gubernur dan rombongan,” sapa Talumepa.
Selanjutnya Pjs. Bupati Boltim menyampaikan laporan profil singkat Kabupaten Boltim dan penanggulangan Covid-19 di Boltim.
“Penanganan Covid-19 di Boltim cukup baik, karena hanya beberapa kasus dan langsung di respon oleh pemerintah daerah yang telah melakukan 3T yakni tes, tracing dan treatmen dalam memutus mata rantai penularan Covid-19. Dilampirkan juga realisasi penyerapan anggaran sekitar 76 persen dan akan di pacu lagi realisasi untuk mencapai target,” jelas Talumepa.
Lanjutnya, dalam rangka Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, pemerintah sangat bersinergi dengan Forkopimda dengan melakukan berbagai kegiatan antara lain, melakukan kampanye damai Pilkada bersama KPU, Bawaslu, tokoh agama dan tokoh masyarakat.
“Kami selalu melakukan himbauan kepada masyarakat agar dapat menggunakan hak pilih dengan baik dan turut mensukseskan Pilkada. ASN juga turut menjadi motor penggerak dalam rangka mensukseskan Pilkada 9. Dengan kehadiran pak gubernur kami sangat mengharapkan arahan-arahan dari pak gubernur untuk menjadi pedoman bagi kita dalam rangka mensukseskan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan di Boltim,” terang Talumepa.
Sementra itu, Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pjs Bupati dan seluruh jajaran yang mempersiapkan acara ini secara baik, dengan menggunakan protokol kesehatan.
“Saat ini kita, paling tidak menghadapi tiga pekerjaan utama. Mulai hari ini sampai akhir Desember nanti, kita semua mengajak saudara, tetangga dan masyarakat untuk datang ke TPS pada tanggal 9 Desember untuk memilih pemimpin yang terbaik yang dapat membawa kesejahteraan masyarakat baik kabupaten maupun provinsi,” harapnya.
Yang kedua lanjutnya, seluruh Indonesia sedang menghadapi Pandemi Covid-19. Untuk itu, kita semua terus melakukan sosialisasi dan penerapan protokol Covid-19 dengan ketat dan disiplin.
“Kalau tadi tugas pemerintah seperti yang disampaikan pak Pjs Bupati adalah melaksanakan 3T. “Nah, tugas kita sebagai masyarakat melaksanakan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ajaknya.
Ketiga terkait penanganan bencana, BMKG memprediksi bahwa akhir tahun ini di Sulut akan ada curah hujan yang tinggi yang bisa berakibat longsor, banjir, pohon tumbang dan bencana lainnya. “Untuk itu mari kita bersiap siaga untuk menghadapi bencana,” kata Fatoni.
Ia juga menegaskan soal netraliras ASN. “ASN itu harus netral sehingga tidak boleh berpolitik praktis, tapi punya hak pilih. Menurut saya PNS bisa berpolitik tetapi politik pemerintahan, yang tidak boleh adalah kita ikut kampanye, mengkapanyekan dan ketentuan lain yang sudah diatur. Pilkada itu adalah pesta demokrasi, maka kita harus ikuti dengan senang dan gembira, tapi tetap tingkatkan loyalitas kinerja ASN demi pelayanan masyarakat,” terangnya.
Di akhir acara Pjs. Gubernur menyerahkan masker secara simbolis kepada Camat Mooat yang juga merupakan bagian dari gerakan sejuta masker.
Diketahui, rombongan Pjs Gubernur Sulut, turut dihadiri Kapolda, Kajati, Ketua DPR Provinsi dan Danrem. Sementara yang ikut mendampingi Pjs. Bupati Boltim diantaranya Kapolres Boltim, Dandim Bolmong, Kakan Kemenag, jajaran pejabat Pemda, KPU, Bawaslu, tokoh adat dan tokoh agama dan tokoh masyarakat Boltim. (Agung)

Komentar