Sukses Laksanakan Program STBM, Kotamobagu Dapat Penghargaan dari Kemenkes RI

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Berkat Kesuksesan dalam menjalankan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Pemkot Kotamobagu dibawah kepemimpinan Wali Kota Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, mendapat penghargaan sebagai Kota Stop Babs/ODF dari Kemenkes RI.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu dr. Tanty Korompot, Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 3 Tahun 2014 tentang STBM, merupakan pendekatan dan paradigma baru pembangunan sanitasi yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat dan perubahan perilaku. Dimana, pada bulan Oktober lalu telah dilaksanakan penilaian oleh tim verifikasi STBM di Kotamobagu.
“Kesadaran masyarakat akan sanitasi lingkungan yang baik, menjadi tolak ukur dalam penilaian ini. Alhamdulillah Kotamobagu merupakan salah satu kabupaten/kota yang telah berhasil dalam melaksanakan program STBM, sehingga mendapatkan penghargaan sebagai Kota Stop Babs/ODF,” jelas Tanty, Jumat (13/11/2020).
Lanjutnya, yang menjadi faktor penentu keberhasilan STBM mencakup 3 komponen penting, yaitu menumbuhkan kebutuhan di masyarakat dengan melakukan pemicuan, ketersediaan pelayanan kebutuhan sanitasi dan lingkungan yang mendukung diperkuat dengan peran perangkat pemerintah daerah hingga ketersediaan penganggaran dalam program STBM.
“Selain mendapatkan penghargaan Kota ODF, pada penganugerahan STBM Award tahun ini, kita juga mendapatkan penghargaan Kepala Desa dan Kader STBM Terbaik dari Desa Sia serta Kader Sanitarian Terbaik dari PKM Upai,” tutupnya. (St)

Komentar