Pjs Bupati Boltim Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan. Pelaksanaan upacara tersebut digelar di lapangan Kantor Bupati dan bertindak sebagai pembina upacara yakni, Penjabat sementara (Pjs) Bupati Boltim Christiano Talumepa, serta komandan upacara Danramil Kotabunan Pelda Ucok M. Lubis.
Dalam amanat Menteri Sosial yang dibacakan Pjs Bupati Boltim Christiano Talumepa mengatakan Hari Pahlawan tidak saja diperingati setiap 10 November, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan dari Pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua sebagaimana tema Hari Pahlawan tahun 2020 yaitu, “Pahlawanku Sepanjang Masa,”
“Apa yang telah dilakukan para Pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotifasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka.Kalau dulu kita berjuang mengangkat senjata. Maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti, kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia,” kata Talumepa.
Meskipun dalam masa pandemi COVID,kata Talumepa,peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna.Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.
“Nilai-nilai kepahlawanan seperti,percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa,rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat terus tumbuh bersemi didalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia,” terang Pjs Bupati Boltim.
Semangat kepahlawanan yang terus menyala menurut Talumepa, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri negeri ini. “Yakinlah apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut maka kita akan dapat menyelesaikan masalah bangsa. Mari tunjukan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama,” terang Talumepa.
Ia juga menghimbau seluruh masyarakat untuk terus berpartisipasi sebagai bentuk penghargaan atas jasa para Pahlawan. Sebagaimana ungkapan salah seorang the founding fathers Sukarno yakni, hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.
“Kita lanjutkan perjuangan para Pahlawan. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain,” jelasnya.
Upacara hari pahlawan ini dihadiri juga oleh Kapolres Boltim, Perwira Penghubung Kodim 1303 Bolmong, Kementrian Agama Boltim, Sekda, Para Asisiten dan Kepala SKPD. (Agung)

Komentar