oleh

Didampingi Sekot Kotamobagu, Pjs Gubernur Sulut Kunjungi Kantor KPU KK

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pjs Gubernur Sulut Dr Agus Fatoni didampingi Sekretaris Kota (Sekot) Kotamobagu Ir Sande Dodo, Rabu (25/11/2020) mengunjungi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu.
Menurut Fatoni, kunjungannya tersebut untuk meninjau pelaksanaan Simulasi Sistem informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu. Simulasi Sirekap dilaksanakan oleh KPU RI dan diikuti oleh seluruh KPU seluruh Indonesia.
“Dari sini kita bisa melihat bagaimana kesiapan dalam penyelenggaraan Pilkada nanti. Terutama dalam rekap hasil dari pilkada yang akan dilaksanakan pada 9 Desember nanti,” jelas Fatoni saat diwawancarai sejumlah awak media.
Lanjutnya, bila dilihat secara umum, simulasi sirekap berjalan dengan baik. “Saya memberikan apresiasi kepada KPU Kotamobagu yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan bagus,” katanya.
Sementara itu, Komisioner KPU Kotamobagu, Asep Sabar mengatakan, kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 hari. “Kegiatan ini dimulai sejak Senin (24/11/2020), ujarnya.
Menurutnya, yang menjadi peserta simulasi yaitu anggota KPPS. Untuk wilayah Kecamatan Kotamobagu Utara yakni KPPS dari Kelurahan Biga dan Genggulang, Sedangkan Kecamatan Kotamobagu Selatan diikuti oleh KPPS dari Desa Kopandakan I. “Mereka diajarkan bagaimana cara pengisian hasil penghitungan di TPS, kemudian dikirimkan ke Sirekap,” ujarnya.
Dijelaskannya, Sirekap merupakan dokumentasi hasil rekapitulasi di tingkat TPS, Kecamatan dan Kabupaten/Kotamobagu yang nanti akan diserahkan kepada para saksi dan pengawas TPS. “Sirekap hanya sebagai dokumen pendamping, dari dokumen manual yang selama ini diterapkan seperti pada pemilihan sebelumnya. Yang pasti rekapitulasi secara berjenjang masih berlaku pada pilkada 2020,” tandasnya.’’
Turut serta dalam kunjungan tersebut, Danrem 131/Santiago Bregjen Prince Meyer Putong SH, Wakajati Sulut, Raimel Jesaja SH MH dan Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirinmas) Polda Sulut, Kombes Pol Dumadi, Kapolres Kotamobagu, AKBP Prasetya Sejat SIK, Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution SH, Kacabjari Kotamobagu mewakili Kejari Kotamobagu, Evans Sinulingga SH MH serta sejumlah Pimpinan OPD Pemkot Kotamobagu. (St)

Komentar

BERITA LAINNYA