Tatong Hadiri Rakor Pilkada Serentak Tahun 2020

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, Kamis (8/10) menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, bertempat Ruang Rapat C.J Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut).

Rakor itu juga diikuti para kepala daerah se Sulut, dan dipimpin langsung oleh Pj. Gubernur Sulut DR. Drs. Agus Fatoni, MSi. Selain itu, Rakor ini juga membahasa terkait percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi Sulut.

Sande Dodo mengatakan, Pilkada akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 maka Pemerintah Kabupaten atau Kota yang menyelenggarakan pilkada harus menjalin kerjasama yang harmonis dan selaras untuk terwujudnya Pilkada serentak di Sulut yang Luber, Jurdil, serta aman dari Covid-19.

“Dalam Rakor bersama, Pemerintah Provinsi juga mengimbau untuk mengajak dan menjamin Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab/Pemkot masing-masing agar tetap menjaga netralitas,” jelas Sande.

Sementara terkait penanganan Covid-19 kata Sande, per tanggal 7 Oktober 2020 jumlah kasus aktif di Sulut adalah 633 kasus atau sebesar 13,6 persen dari total kumulatif kasus sebanyak 4.652, Kasus Sembuh sebanyak 3.840 kasus atau 82,54 persen, dan ada 179 kasus kematian atau 3,84 persen akibat Covid-19.

“Kondisi epidemiologic di Sulut mulai menunjukan adanya penurunan bermakna dari sisi penambahan kasus terkonfirmasi positif harian,” katanya.

Diharapkan angka penambahan kasus baru di Sulut bisa semakin dicegah dengan peningkatan disiplin masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Penerapan Peraturan Gubernur Sulut Nomor 60 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya penegakan dan pengendalian Covid-19, harus semakin digalakkan, agar terwujudnya masyarakat yang patuh dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tambahnya. (*)

Komentar