SJB, JIBS, Kawan Kota dan PWI Kotamobagu Galang Dana untuk Bolsel dan Bolmong

BOGANINEWS, BMR – Sejumlah wilayah di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), saat ini tengah berkabung akibat hantaman banjir.

‪Banjir ini terjadi akibat meluapnya beberapa sungai, karena intensitas curah hujan yang tinggi. Tak hanya menyebabkan rumah warga terendam banjir, tapi sejumlah akses jalan utama pun tertutup akibat tanah longsor dan putusnya sejumlah jembatan.

Peristiwa banjir yang menerjang di dua daerah ini, menggugah para Jurnalis yang tergabung dalam Sahabat Jurnalis Bolmong (SJB), Jurnalis Independen Bolmong Selatan (JIBS) dan Kawan Kota, untuk menggelar aksi penggalangan dana, dengan maksud membantu para warga yang terdampak banjir.

Penggalangan dana tersebut digelar di pusat kota tepatnya di Tugu Permesta, Sabtu (25/07/2020), sejak pukul 12.00 hingga 17.00 WITA.‬ “Kami para Jurnalis berinisiatif menggelar aksi ini, karena peduli atas nasib saudara-saudara kami yang tertimpa musibah,” ucap Indra Umbola, salah satu personil SJB.
Dharma Eka Korompot dari JIBS yang kesehariannya beraktivitas di Kabupaten Bolsel, mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah meringankan tangan untuk membantu korban banjir. “Saat ini masyarakat di lokasi bencana, sangat membutuhkan bantuan dari kita semua,” kata Eka.
Sementara itu, Ar Mokoginta, wartawan dari Kawan Kota, berharap masyarakat yang telah menyumbang tidak perlu khawatir dengan bantuan yang sudah diberikan karena secepatnya akan disalurkan. “Insya Allah, kami para Jurnalis yang bergerak hari ini amanah. Nantinya seluruh bantuan yang terkumpul, pertanggungjawabannya akan diberitakan lewat media cetak maupun media online,” tegas Ar.
Di tempat yang sama, personil SJB, David Sumilat mengatakan, bantuan yang terkumpul pada hari ini berjumlah Rp 4.058.400. “Besok kami masih akan turun melakukan aksi di lokasi yang sama. Senin 29 Juli 2020 penggalangan dana akan digelar di simpang tiga jembatan Kaiya, Inobonto. Rencananya, Selasa 30 Juli bantuan akan disalurkan langsung ke lokasi bencana,” aku David.
Ketua PWI Kotamobagu, Gunady Mondo juga mengatakan, mudah-mudahan bantuan yang sedang dikumpulkan ini dapat meringankan beban para warga yang terdampak banjir. “Aksi ini juga untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin membantu saudara-saudara kita yang terdampak banjir di dua daerah tersebut,” ucapnya. (ino)

Komentar