Kadis DP3A Bolmong Sampaikan Makna Hari Anak Nasional

BOGANINEWS, BOLMONG Untuk menyambut Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2020 besok, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Hj. Farida Mooduto, menyampaikan makna dari peringatan HAN di tengah Pandemi Covid-19.
Menurut Farida, Hari Anak Nasional menjadi momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen Bangsa, untuk menjamin pemenuhan hak anak atau hak hidup, tumbuh, berkembang, berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
“Tahun ini peringatan HAN sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena Pandemi Covid-19. Sehingga pelaksanaan peringatan HAN tahun ini, dilaksanakan secara virtual. Adapun tema yang diangkat yakni “Anak Terlindungi Indonesia Maju” dengan takeline #anakindonesiagembiradirumah,” jelasnya.
Selain itu, Farida juga kembali menjelaskan apa makna dari logo HAN. Pertama, tiga anak yang ingin menggapai bintang. Setiap anak termasuk anak disabilitas, memiliki impian atau cita-cita yang dapat di raih dengan doa, semangat dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus Bangsa perlu di dukung dan dilindungi agar tumbuh sebagai manusia dewasa dan berjiwa pancasila.
Kedua, backround lingkaran berwarna abu-abu, situasi akibat Pandemi Covid-19 yang berdampak pada dunia anak-anak dengan perubahan pola hidup dan tetap harus mengupayakan terpenuhi haknya bergembira dan penuh kreatifitas dalam perlindungan keluarga
Dan ketiga, warna merah dan putih, menjadi kebersamaan dan nasionalisme anak-anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melatih masa sulit.
Farida juga menghimbau, di tengah Pandemi Covid-19 ini, anak-anak tetap menjaga jarak, rajin mencuci tangan, menggunakan masker. “Kepada orang tua jangan lupa tetap mengawasi mulai dari kegiatan dan cara bermain anak di rumah, serta mengupayakan istirahat yang cukup.  Anak terlindungi, Indonesia maju dan salam berjarak, bersama jaga keluarga kita,” terangnya. (ino)

Komentar