Kadinkes Kotamobagu Ungkap Cara RSUD Tangani Pasien COVID-19 Hingga Sembuh

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Sembilan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu, telah dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kotamobagu, dr. Tanty Korompot, pasien yang sembuh saat dirawat di ruangan isolasi intens diberikan suplemen dan multivitamin, serta dorongan dan motivasi untuk sembuh sebagai cara menghindari pasien stres.
“Namun, bagi mereka (pasien) yang masuk kategori PDP dan memiliki keluhan sakit, kami lakukan intervensi dengan obat-obatan sesuai dengan indikasi. Contohnya, pasien mengalami asma, kami memberikan obat asma. Intinya vitamin untuk menjaga tahan tubuh. Dan Alhamdulillah, bisa sembuh karena daya tahan tubuh mereka terus dijaga,” terangnya, Selasa (2/6/2020)
Dijelaskannya juga, program peningkatan daya tahan tubuh memang sudah direncanakan sejak sebelum pandemi ini muncul.
“Sebelum COVID-19 muncul, kami dari pihak Dinas Kesehatan dan RSUD Kotamobagu, sudah merencanakan program pemberian vitamin, suplemen yang tujuannya meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya pasien, melainkan seluruh tenaga medis harus diberikan vitamin agar imunitas tubuh mereka terjaga,” jelasnya.
Diketahui, dengan sembuhnya semua pasien positif COVID-19 tersebut, maka hingga saat ini RSUD Kotamobagu tidak memiliki pasien positif COVID-19 atau Nol kasus. (*/St)

Komentar