Lawan Covid-19, Ini Kata Kadis Kesehatan Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui tim gugus tugas penanganan dan pencegahan Covid-19, Kamis (23/4/2020) menggelar konferensi pers, untuk mengumumkan kasus pasien terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19) di Kota Kotamobagu berdasarkan hasil Swab Test dari laboratorium kesehatan di Makasar.
Dari hasil pengumuman itu, terdapat lima warga Kota Kotamobagu dinyatakan positif terjangkit virus Corona.
“Hasil pemeriksaan Swab Test Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Kota Kotamobagu pada 14 April lalu, hasilnya ada beberapa pasien yang positif. Hasil swab tersebut yakni, pasien 01, 05, 07, 08, dan pasien nomor 10, dengan total terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 5 orang. Orang Dalam Pemantauan 17 orang, PDP 6 orang, pelaku perjalanan 2.079 orang dan pelaku perjalanan dalam pemantauan 885 orang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu, dr. Tanty Korompot.
Terkait dengan hal tersebut, mantan Direktur RSUD Kotamobagu ini menegaskan, Covid-19 hanya dapat dicegah dengan disiplin yang kuat dan semangat gotong royong, seperti disipiln menjaga jarak, gunakan masker, hindari kerumunan, serta rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. “Ini harus dilaksankan secara bersama-sama terus menerus, dan tidak boleh terputus,” pintanya.
Dijelaskannya, sikap gotong royong sangat dibutuhkan dalam kondisi sulit seperti ini. “Bila ada masyarakat yang bergejolak karena Covid-19, maka mari kita bantu dan saling menguatkan. Jangan kucilkan dia. Mari lawan Covid-19, dengan meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara makan-makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur, serta beperilaku hidup bersih dan sehat,” kata Tanty. (ino)

Komentar