Tak Lakukan Pendaftaran Kembali, Ratusan Koperasi di Bolmong Terancam Nonaktif Otomatis

BOGANINEWS, BOLMONG – Dari ratusan koperasi yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), hingga saat ini baru 28 yang memasukan berkas pendaftaran di Dinas Koperasi dan UKM Bolmong.
Menurut Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Bolaang Mongondow (Bolmong) Sofyanto, Senin (3/2/2020). Diungkapkannya, hanya ada 28 Koperasi yang memasukan berkas, masih ada lagi  sekitar 272 yang hingga saat ini belum jelas untuk berkasnya.
“Dari 300 koperasi yang ada di Bolmong, setelah dibuka lagi pendaftaran hanya 28 yang memasukan berkas. Untuk sisanya, belum sama sekali ada yang datang melakukan pendaftaran ulang. Jika tidak mendafatarkan kembali maka secara otomatis akan nonaktif,” jelasnya.
Dijelaskannya, pendaftaran kembali koperasi adalah bagian dari tindak lanjut surat Kementerian Koperasi dan UKM tentang pembubaran koperasi yang tidak aktif di Sulawesi Utara (Sulut), yang salah satunya di Bolmong.
 “Jumlah awal koperasi di Bolmong mencapai 300. Setelah dilakukan pembubaran terhadap 116 koperasi beberapa waktu lalu, masih tersisa 184. Nah dari angka terakhir itu, hanya 28 yang memasukan berkas kembali,” akunya.
Dikatakannya, pendaftaran kembali kepada koperasi adalah upaya Kementerian Koperasi dan UKM dalam menggalakkan program Reformasi Total Koperasi dalam membangun koperasi berkualitas. (*)

Komentar