Pemkab Bolsel Gelar Festival Tulude

BOGANINEWS, BOLSEL Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Jum’at (31/01/2020) menggelar Festival Tulude yang menjadi agenda rutin tahunan.
Kegiatan yang dipusatkan di Desa Dumagin A, Kecamatan Pinolosian Timur di hadiri Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, Anggota DPR-RI Hi. Herson Mayulu, Gubernur Sulut yang diwakili Karo Ekonomi Pemprov Sulut Hanny Wayong, Ketua DPRD Bolsel, anggota DPRD Provinsi Sulut Hj. Muslimah Mongilong, Sekertaris Daerah (Sekda) Bolsel, Pimpinan OPD, Forkopimda Kabupaten Bolsel, tokoh adat Sangihe dan seluruh masyarakat.
Bupati Bolsel dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dilaksanakanya Festival Tulude merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan.
“Tulude mempunyai empat makna yaitu, wahana untuk menjalin hubungan persaudaraan, kemudian syukur berserah kepada Tuhan, tinggalkan hal yang tidak dikehendaki Tuhan dan berjanji berbuat baik sekaligus menolak bala. Dan yang ke empat, sebagai sarana perekat antara pemerintah dan masyarakat,” jelas Bupati.
Lanjutnya, sesuai dengan Visi Daerah Religius, pemerintah menyambut baik kegiatan yang sudah rutin menjadi acara tahunan ini. Bupati juga mengajak masyarakat Bolsel untuk memaknai perayaan adat ini sebagai tempat menjalin kebersamaan dan persaudaraan dalam suatu komunitas yang utuh.
“Bolsel adalah daerah yang kaya akan nilai budaya yang terdiri dari berbagai etnis. Salah satunya adalah etnis Sangihe yang merupakan suatu khasanah budaya dan memiliki nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal. Maka dari itu, marilah kita semua menjaga itu semua. Bagaimana caranya, yakni dengan menjaga tali persaudaraan di antara kita,” terang Bupati.
Ia juga mengingatkan, bahwa tahun ini akan dilaksanakan Pilkada serentak untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut. Sehingga keamanan dan ketertiban harus dijaga bersama dan terus pelihara kebersamaan yang telah terjalin dengan baik selama ini.
“Terima kasih kepada seluruh panitia dan masyarakat Desa Dumagin A yang telah bekerja sama dengan pemerintah untuk suksesnya kegiatan ini. Semoga di tahun 2021 nanti, kita semua bisa bersama lagi di tempat ini,” ucap Bupati. (Holan)

Komentar