20 Pengrajin di Kotamobagu Belajar Kerajinan Batok Kelapa

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Sebanyak 20 pengrajin di wilayah Kota Kotamobagu, mendapat pelatihan membuat kerajinan tangan dari bahan baku tempurung atau batok kelapa, yang dilaksanakan di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Kotamobagu, Senin (22/2/2020).
Menurut Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Masita Buntuan mengatakan, pelatihan ini digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kotamobagu, dengan pembiayaannya dari Bidang Perindustrian dan Tenaga Kerja. “Kalau PKK melekat di DPMD, nah Dekranasda ini melekat di Dispernaker,” jelasnya.
Lanjutnya, hal ini dilakukan untuk menciptakan usaha baru serta meningkatkan kualitas prodak khususnya di kerajinan batok kelapa, dimana di Kotamobagu banyak pohon kelapa.
“Kami berpemikiran kelapa itu banyak manfaatnya. Selain bisa dibuat minyak, seperti batok kelapa atau tempurung ini juga bisa dibuat kerajinan tangan yang memiliki nilai jual,” jelasnya.
Ia pum berharap, para pengrajin yang sudah mempunyai prodak itu lebih meningkatkan kualitas prodaknya, sementara untuk yang pemula bisa jadi wirausaha baru.
“Kegiatan ini nantinya dilaksanakan selama tiga hari yakni tanggal 22 – 24 Februari 2020, dengan menghadirkan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) GM ART yang akan melatih mereka,” tambahnya. (ino)

Komentar