Kepala Disparbud Kotamobagu Ajak Masyarakat Bentuk Kelompok Sadar Wisata

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Demi terciptanya peluang desa wisata yang ada di wilayah Kota Kotamobagu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Kotamobagu, Moch Agung Adati mengajak masyarakat untuk sadar wisata.
Menurut Adati, pengembagan desa dalam menciptakan kewirausahaan dan kemasyarakatan, diharapkan pelaku usaha maupun masyarakat pariwisata termotivasi untuk mengindentifikasi berupa atraksi yang ada di desa atau di kelurahan.
“Kotamobagu sudah memiliki potensi wisata, baik wisata alam, wisata budaya maupun wisata buatan, jadi pelaku usaha dan masyarakat pariwisata untuk proaktif dengan membentuk kelompok sadar wisata,” kata Adati.
Kelompok sadar wisata itu katanya, harus dimulai dari tingkatan bawah agar Pemerintah Kota Kotamobagu dapat berupaya untuk menjadi fasilitator ke pusat seperti mendatangkan motivator, supaya lebih lagi memiliki wawasan, pengetahuan, untuk lebih bersemangat dalam membangun pengembangan pariwisata yang ada di Kota Kotamobagu,” ucapnya.
Menurutnya, di Kota Kotamobagu memiliki wisata alam seperti air terjun polipungan, Hutan Kota, Gunung Sia, Air Mendidih Bilalang.
 “Tapi selain itu, mungkin ada di desa yang perlu digali lagi tentang potensi wisatanya, sehingga kedepan Kota Kotamobagu juga akan lebih dikenal dengan icon pariwisata daerahnya,” tambahnya. (*)